Kemenangan Benih Rakyat atas Dominasi Global

cover_pembaruan_tani_agustus_2013Pembaruan Tani edisi 114 Agustus 2013  mengambil headline “Kemenangan Benih Rakyat atas Dominasi Global”. Edisi ini memberitakan kemenangan gugatan judicial review  Undang-Undang No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman (UU SBT) yang diajukan oleh Serikat Petani Indonesia (SPI),  IHCS,  Bina Desa,  API, IPPHTI, Field Indonesia, KRKP, AGRA, Sawit Watch, SPKS, dan individu petani yakni Kunoto dan Karsinah. Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ini bisa dengan bebas melakukan penangkaran dan pemuliaan benih tanpa takut dikriminalisasi.

Terdapat juga artikel mengenai diskusi UU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (Perlintan) di DPP SPI, perayaan sederhana hari lahir Serikat Petani Indonesia (SPI) ke-15, solidaritas SPI atas bencana gempa Aceh dan Lombok, dan lainnya.

Untuk rubrik campesinos, terdapat artikel La Via Campesina yang kembali mendesakkan pentingnya deklarasi Hak Asasi Petani di Dewan HAM PBB, kampanye nasional petani Mozambik menolak privatisasi lahan dan sumber daya alam, dan lainnya.

Redaksi juga masih tetap menghadirkan rubrik Teka-Teki Silang khas Pembaruan Tani.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan mengunduh versi pdf-nya disini.

ARTIKEL TERKAIT
Tanah Untuk Petani, Tuntaskan Konflik Agraria Petani dengan BUMN Tanah Untuk Petani, Tuntaskan Konflik Agraria Petani dengan ...
SPI Mendirikan Bank Benih di Bogor
SPI Siap Sambut Peserta Konferensi Internasional ke-6 La Via...
Petani Ikuti Aksi Akhiri WTO Petani Ikuti Aksi Akhiri WTO
1 KOMENTAR
  1. kalo bibit sendiri ,,menekan biaya produksi..

BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU