Ketum SPI : “Terus Semangat Berjuang, Jangan Pernah Putus Harapan”

Berita_Ketum SPI Terus Semangat Berjuang Jangan Pernah Putus Harapan

PANDEGLANG. Terus semangat berjuang, jangan pernah putus harapan. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih saat melakukan halal bi halal dan silaturahmi dengan para petani SPI Banten di Pandeglang (26/07).

Henry menyampaikan, perjuangan SPI sudah mengalami banyak kemajuan karena tuntutan kita para petani sudah menjadi program pemerintah saat ini.

“UU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani mengamanahkan petani mendapatkan tanah paling banyak 2 hektar dan negara menjamin hak-hak petani. UU Pangan menyatakan bahwa rakyat tidak boleh kelaparan. UU Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan menegaskan untuk membatasi alih fungsi lahan pertanian produktif, belum lagi UUPA No.5 Tahun 1960 dan Tap MPR yang sudah ada terlebih dahulu,” papar Henry.

Henry melanjutkan, apa yang sudah kita tanam harus kita panen, seperti filosofi pohon sawit yang buahnya ditanam kemudian dipanen dengan kerja keras.

“SPI di daerah-daerah lain sudah banyak berhasil, maka dari pada itu harus terus berjuang. Misalkan ada pertanyaan, terus berjuang tapi belum mendapat hasil. Wajar jika ada pertanyaan semacam itu. Kita tidak boleh putus harapan karena di dokumen sudah ada, tinggal implementasi. Saat ini kita sedang perjuangkan Permentan yang sesuai dengan UU Perlintan sehingga petani yang mendapatkan bantuan pemerintah tidak hanya dirasakan oleh kelompok tani dan gabungan kelompok tani saja.” tambah Henry.

Menanggapi hal ini Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Banten Ahmad Syafei menuturkan, soliditas atas anggota SPI harus ditingkatkan agar kekompakan dan persatuan semakin kuat.

“Kita juga harus mendata ulang luas lahan anggota kita yang sedang diperjuangkan serta menerapkan strategi yang cocok dengan konflik lahan yang kita hadapi,” kata Syafei.

Berita_Ketum SPI Terus Semangat Berjuang Jangan Pernah Putus Harapan_2

Selain berdiskusi, Ketua Umum SPI Henry Saragih juga mengecek kondisi kekeringan yang terjadi di Banten.

 

ARTIKEL TERKAIT
Tinjauan Gerakan Rakyat terhadap Rencana Kerja Bali Tinjauan Gerakan Rakyat terhadap Rencana Kerja Bali
Deklarasi SPI di Aceh Tengah
Sekolah Agroekologi Shashe: Pusat Agroekologi dan Praktek Ke...
Usaha Pengembangan Ekonomi Petani SPI Lebak
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU