364 Hektar Lahan Petani SPI Cirebon Kekeringan

Berita_364 Hektar Lahan Petani SPI Cirebon Kekeringan

CIREBON. Bencana kekeringan yang melanda Indonesia, juga dialami oleh petani anggota Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.  Berdasarkan penuturan pengurus DPC SPI Cirebon Eka Wildanu, banyak kecamatan di kabupatennya yang mengalami bencana kekeringan.

“Dari yang kami data, kekeringan terjadi di beberapa kecamatan, mulai dari Kecamatan Klangenan, Lemahabang, Greged, Sinarancang, dan Kecamatan Mundu,” kata Eka di Cirebon (31/07).

Eka menjelaskan, 70 persen persawahan di Kecamatan Klangenan mengalami kekeringan, bercelah hingga empat jari orang dewasa, 40 persen padi hanya tumbuh 10 – 20 cm dan dipastikan gagal panen karena kurang air dari irigasi.

” Totalnya ada sekitar 279,7 hektar lahan sawah di Klangenan yang mengalami gagal panen,” jelasnya.

Eka melanjutkan, di Desa Cipeujeuh Kulon Kecamatan Lemahabang, kurang lebih 72 hektar mengalami kekeringan.

“Biasanya biasa pada musim tanam kedua ini petani bisa bercocok tanam dan menghasilkan padi. Tapi kali ini 80 persen lahan pertanianya gagal panen, sedangkan 20 persen lagi masih bisa menghasilkan padi tapi itu juga tidak sebanding dengan luas dan biaya pengelolaan lahan, yang biasanya satu hektar dapat 65 karung, kali ini hanya menghasilkan 15 karung,” papar Eka.

Eka kembali meneruskan, di Desa Nanggela Kecamatan Greged terdapat 12 hektar lahan pertanian yang mengalami kekeringan.

“Untuk menghadapi ini, petani harus mengeluarkan duit lebih untuk biaya bensi pompa air, kira-kira 30 liter untuk satu hektar,” imbuhnya.

Eka menambahkan, pihaknya menghimbau pemerintah untuk mengambil langkah nyata untuk membantu petani dalam mengatasi bencana kekeringan.

“Kami harap pemerintah mengganti rugi atas lahan pertanian kami yang gagal panen, serta membangun infrastruktur pertanian di daerah kami, karena jika gagal panen terus kedaulatan pangan tidak bisa tercapai,” tambahnya.

 

ARTIKEL TERKAIT
Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit di Sumatera Barat
Skema REDD: kolonialisme Baru Skema REDD: kolonialisme Baru
Rakyat Tagih Janji SBY-JK
Minum Kopi dan Niat Mulia Mensejahterakan Petani (Kopi) Indo...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU