Berbagi Pengalaman, Petani Korea Selatan Kunjungi SPI

korea_kpl

JAKARTA. Delapan orang petani anggota Korean Peasant League(KPL) asal Korea Selatan melakukan kunjungan persahabatan ke Serikat Petani Indonesia (SPI).

Rangkaian kunjungan diawali dengan melaksanakan diskusi publik tentang “petani dan masyarakat yang bekerja di perdesaan” di sekretariat Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI di Jakarta (02/09). Diskusi ini meghadirkan narasumber dari SPI, Aliansi Petani Indonesia (API), Indonesia Human Rights Commission for Social Justice (IHCS), dan dihadiri oleh petani, mahasiswa, dan pegiat tani lainnya.

Ketua Umum SPI Henry Saragih menyampaikan, SPI dan KPL sama-sama bergabung dalam organisasi petani internasional La Via Campesina.

“Bersama-sama di La Via Campesina, SPi, KPL, dan ormas tani lainnya berjuang melawan ketidaksewenangan dan ketidakadilan yang selalu merugikan petani kecil, seperti WTO, IMF, World Bank, IMF, dan lainnya,” kata Henry Saragih.

Selanjutnya di hari yang sama, para petani KPL melanjutkan kunjungannya dengan melakukan diskusi dengan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dan anggota DPR RI dari fraksi PKB.

korea_kpl_dpr

Ibnu Multazam, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI menyampaikan, Indonesia sudah menerbitkan beberapa Undang-Undang (UU) untuk melindungi petani dan masyarakat di perdesaan.

“Misalnya UU Perlintan (Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, red), UU Desa, dengan iniIndonesia akan berdaulat pangan, dan membatasi impor pangan,” ungkapnya.

Lee Tae Hyun, perwakilan petani KPL menjelaskan ada banyak kesamaan perjuangan yang dilakukan oleh petani di Indonesia dan Korea Selatan.

“Perjuangan petani kecil di negara kami dan di Indonesia tidak jauh berbeda. Kami berhasil menolak masuknya sapi impor dari Amerika Serikat, sedangkan petani SPI bersama dengan aliansi lainnya berhasil mendorong lahirnya undang-undang pro petani yang menolak impor pangan dan berorientasi kedaulatan pangan,” katanya.

Keesokan harinya, para petani KPL melanjutkan kunjungannya ke lahan perjuangan petani SPI di Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

sukabumi_korea

Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Jawa Barat Tantan Sutandi menyampaikan petani SPI Sukabumi dengan senang hati menyambut kedatangan para petani KPL.

“Sebagai sesama petani kita bersaudara, semoga kita bisa saling bertukar dan berbagi banyak pengalaman sehingga bisa memperkuat semangat perjuangan kita,” tutur Tantan.

ARTIKEL TERKAIT
Masyarakat Tani dan Nelayan akan Menggugat Pasal BBM ke Mahk...
Bagi Petani, Jokowi Harus Prioritaskan Distribusi Lahan Daripada Menaikkan BBM Bagi Petani, Jokowi Harus Prioritaskan Distribusi Lahan Dari...
Kunjungan DPRD Sumut ke lahan reklaiming SPI Damak Maliho, D...
aksi hari tani nasional 2016 di serdang bedagai sumatera utara Lagi, Petani SPI Serdang Bedagai Dikriminalisasi
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU