Deklarasi DPC SPI Lumajang

LUMAJANG. Panitia Persiapan Cabang Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten lumajang mendeklarasikan terbentuknya Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Lumajang di desa Tambahrejo Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur  (23/1).

Para deklarator berasal dari enam kecamatan yakni Pronojiwo, Candipuro, Pasirian, Tempeh, Sukodono dan Jatiroto. Acara ini juga  dihadiri oleh Ruslan selaku Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Jawa Timur, dan juga Ali Fahmi yang mewakili Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI.

Dalam sambutannya, Ruslan mengatakan bahwa kehadiran SPI di Lumajang harus bisa membawa perubahan yang lebih baik kepada nasib petani di lumajang, khususnya anggota SPI. Petani tidak boleh lagi menunggu berubahnya nasib petani dari orang lain.

“Kita sendirilah (petani-red) yang bisa melakukan perubahan yang lebih baik,” ungkap Ruslan.

Ruslan juga menambahkan bahwa pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian tidak berlaku adil terhadap rakyat petani. Seringkali subsidi tidak tepat sasaran dalam penyalurannya. Untuk itu SPI bersama anggotanya harus bisa menuntut hak kita sebagai petani.

“Dengan kita bergabung di SPI maka masalah petani bisa kita perjuangkan secara bersama. Kalau kita hanya sendiri melakukan perjuangan, saya yakin perubahan ke arah yang lebih baik itu akan sulit terwujud,” tambah Ruslan.

Setelah deklarasi, acara dilanjutkan dengan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC SPI Lumajang. Agenda Muscab ini selain membahas dan membuat program kerja organisasi, juga memilih dan mengangkat ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) dan Majelis Cabang Petani (MCP).

Melalui pemilihan yang demokratis, Nasikin terpilih sebagai Ketua BPC SPI Lumajang periode 2011-2015, dan Suprayitno terpilih sebagai Ketua MCP SPI Lumajang untuk periode yang sama.

Dalam sambutan perdananya, Nasikin lebih banyak mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberi amanah oleh petani.

“ Dalam waktu dekat ini saya akan segera melengkapi kepengurusan di tingkat cabang. Ini penting untuk segera ditindaklanjuti. Kita akan rapat untuk kelengkapan pengurus, setidaknya dalam waktu yang tidak lama saya akan mengangkat para ketua divisi,” ungkap Nasikin.

Sementara itu, Ali Fahmi yang mewakili DPP SPI menyatakan bahwa setiap pengurus cabang SPI merupakan kader yang berperan sebagai motor penggerak SPI.

“Untuk itu, saya berharap agar para pengurus yang telah terpilih nantinya bisa benar-benar memfungsikan diri sebagai penggerak roda organisasi dalam mewujudkan cita-cita organisasi,” ungkap Ali Fahmi yang juga Ketua Departemen Penguatan Organisasi SPI ini.

ARTIKEL TERKAIT
Agenda Rakyat: Membangun Regionalisme Yang Berdaulat, Bongka...
Peringatan Hari Perjuangan Petani Internasional: Legislasi perlindungan petani sebagai pengakuan dan pemenuhan hak asasi petani Peringatan Hari Perjuangan Petani Internasional: Legislasi p...
Rangkaian Kegiatan SPI Rayakan Hari Perjuangan Petani Intern...
HUT SPI: Round Table Discussion kedaulatan pangan HUT SPI: Round Table Discussion kedaulatan pangan
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU