DPW SPI Jawa Barat Resmi Terbentuk

SUKABUMI. Setelah melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) pertama, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Barat (Jabar) akhirnya resmi terbentuk, kemarin (10/09). Adalah Tantan Sutandi yang berhasil terpilih menjadi Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Jabar setelah melalui pemilihan yang demokratis.

Sebelumnya, Muswil ini dibuka oleh Ketua Umum SPI Henry Saragih. Kepada tiga ratusan peserta yang hadir, Henry menyampaikan bahwa perjuangan SPI adalah perjuangan dari petani oleh petani dan untuk petani.

“SPI ini lahir dari kampung dan pelosok desa, berawal dari inisiatif para petani yang ingin memperoleh kebebasan dalam menyuarakan pendapat, berkumpul dan berorganisasi guna memperjuangkan hak-haknya yang telah ditindas dan dihisap di zaman orde baru. Pada saat itu, untuk rapat saja kita harus sembunyi-sembunyi. Alhamdulillah perjuangan dari kampung ini sudah semakin besar gaungnya, bahkan hingga ke tingkat dunia,” tutur Henry yang juga Koordinator Umum La Via Campesina (Gerakan Petani Internasional).

Namun demikian, Henry mengingatkan di tengah perjuangan kaum petani yang lebih “merdeka” saat ini, tantangan yang ada justru semakin berat. Mulai dari kebijakan pemerintah yang cenderung tidak berpihak kepada petani kecil yang hanya menguntungkan perusahaan-perusahaan besar, perampasan lahan dan kriminalisasi petani, perdagangan bebas, hilangnya kedaulatan benih

“Untuk itu kita di SPI harus merapatkan barisan, memperkokoh organisasi kita ini sehingga nasib kita petani kecil semakin hari bisa semakin baik. Kita sendirilah yang mampu mengubah nasib kita. Semoga kepengurusan wilayah yang terbentuk setelah Muswil ini mampu menjawab tantangan-tantangan petani kecil dan mewujudkan pembaruan agraria di Jawa Barat ini,” tambahnya.

Pada Muswil yang dihadiri oleh perwakilan empat DPC (Dewan Pengurus Cabang) SPI yakni Bogor, Cirebon, Sukabumi, dan Sumedang ini, Ketua Departemen Penguatan Organisasi Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI Ali Fahmi menyampaikan, Muswil ini dilaksanakan untuk meneguhkan semangat perjuangan kaum tani di massa anggota SPI dan petani pada umumnya.

“Muswil ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan program perjuangan kaum tani, sebagai jawaban dari kemiskinan, krisis pangan dan energi saat ini, dan tentunya meresmikan kepengurusan DPW SPI Jawa Barat,” paparnya.

Ali menambahkan Muswil ini juga akan memilih Majelis Nasional Petani (MNP) yang akan mewakili wilayah Jawa Barat.

Ketua BPW SPI Jabar yang baru terpilih, Tantan mengungkapkan semoga dengan terbentuk DPW SPI Jabar ini mampu memperkuat gerakan pembaruan agraria.

“Tentunya tujuan-tujuan mulia SPI ini bisa dicapai jika kita semua bekerja sama membangun SPI di Jawa Barat ini. Saya tentunya tidak bisa kerja sendiri tanpa ada rekan-rekan yang membantu kepengurusan di wilayah,” ungkapnya.

Sementara itu, acara yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Simpati, Desa Ubrug, Kecamatan Warung Kiara, Sukabumi ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan pemerintahan seperti Camat Warung Kiara, perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

 

ARTIKEL TERKAIT
Laksanakan Segera Pembaruan Agraria Sejati Untuk Kedaulatan Pangan dan Pengentasan Kemiskinan Laksanakan Segera Pembaruan Agraria Sejati Untuk Kedaulatan ...
Aksi SPI Asahan, Tuntut Penyelesaian Sengketa Agraria
Diskusi Publik Memperingati 12 Tahun SPI
SPI Gunung Kidul: Panen Kedelai Meningkat, Harga Jual Turun
1 KOMENTAR
  1. Muhammad Naza berkata:

    assalamualaikum

    perkenalkan saya naza berasal dari jawa barat, ingin bertanya terkait Seputar SPI Jawa barat dan kapan diselenggarakan kaderisasi SPI Jawa barat?

BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU