Membangun kesadaran kritis anggota SPI

LANGKAT. Pendidikan kader dasar harus diarahkan untuk membangun kesadaran kritis angota. Hal tersebut tercetus pada pendidikan kader E yang dilakaksanakan SPI Basis Mekar Jaya di Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara tanggal 17-18 Maret 2009. Pendidikan kader tersebut diikuti oleh tigapuluh tujuh orang anggota SPI Basis Mekar Jaya. Sebelumnya DPW SPI Sumatera Utara telah menyelanggarakan pendidikan kader E di sejumlah basis antara lain di Kecamatan Bandar Pulau dan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan serta di Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhan Batu.

Latihan kader tersebut ditujukan kepada anggota SPI telah menjalankan tugas-tugas keorganisasian dan merupakan ujung tombak bagi SPI sebagai sebuah organisasi gerakan massa. “SPI harus mampu melahirkan kader-kader petani melalui berbagai proses pendidikan. Pendidikan yang diberikan tidak terbatas pada hal-hal yang teknis, tetapi lebih ditekankan pada bagaimana akhirnya peserta didik mampu berfikir kritis dalam memahami realita yang ada, sehingga mengembalikan fitrahnya sebagai manusia merdeka,” demikian Henri Chandra Hasibuan, Ketua Biro Pendidikan DPW SPI Sumatera Utara.

Selanjutnya Henri mengatakan bahwa tujuan utama dari Pandidikan Kader E, selain menciptakan kader-kader terdidik juga untuk melahirkan guru-guru kader di setiap tingkatan cabang Serikat Petani Indonesia (SPI). “Pergantian bentuk organisasi dari federatif ke unitaris menuntut suatu proses pendidikan yang berjenjang sehingga membutuhkan lahirnya guru-guru kader untuk membangun pondasi pendidikan organisasi ke depannya” paparan Henri.

Ke depannya Henri menargetkan akan melakukan pendidikan kader berjenjang sehingga akan melahirkan kader-kader yang dapat memikul tugas-tugas organisasi dari tingkat wilayah, cabang, ranting hingga basis yang ada di Sumatera Utara.

ARTIKEL TERKAIT
Harga Pangan Naik, Segera Bentuk Badan Pangan Nasional
Solidaritas SPI Aceh Untuk Korban Gempa Bener Meriah dan Aceh Tengah Solidaritas SPI Aceh Untuk Korban Gempa Bener Meriah dan Ace...
Muscab SPI Gunungkidul : Ijo Royo-Royo Gemah Ripah Loh Jinawi Muscab SPI Gunungkidul : Ijo Royo-Royo Gemah Ripah Loh Jinaw...
La Via Campesina Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan La Via Campesina Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU