SPI Siap Sambut Peserta Konferensi Internasional ke-6 La Via Campesina

Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih

JAKARTA. Menjelang Konferensi Internasional ke-6 La Via Campesina (Gerakan Petani Internasional) yang akan dimulai pada tanggal 6 Juni 2013 di Jakarta, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Serikat Petani Indonesia (SPI) siap menyambut kedatangan seluruh delegasi petani dari seantero dunia. Ketua Umum DPP SPI Henry Saragih menyampaikan, SPI akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik dalam acara empat tahunan sekali ini.

“Konferensi ini merupakan agenda rutin empat tahunan yang akan dihadiri organisasi-organisasi petani dari 76 negara, yang tergabung dalam anggota La Via Campesina . Sejak tahun 2004 Serikat Petani Indonesia telah dipercaya untuk memimpin La Via Campesina, sekaligus terpilhnya Indonesia sebagai tuan rumah sekretariat internasional La Via Campesina hingga 2013 ini,” ungkap Henry yang juga Koordinator Umum La Via Campesina, di Jakarta tadi siang (02/06).

Henry menjelaskan, acara yang bertempat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta ini akan berlangsung selama delapan hari, 6 – 8 Juni 2013. Konferensi ini akan dimulai dengan Pertemuan Internasional Petani Perempuan La Via Campesina pada 6 Juni, dilanjutkan dengan Pertemuan Internasional ke-3 Pemuda/i Tani La Via Campesina pada 8 Juni.

“Pada tanggal 9 Juni, Konferensi ini akan resmi dibuka. Selain para peserta baik nasional maupun internasional, pada pembukaan ini rencananya akan dihadiri oleh perwakilan pemerintahan RI, Gubernur DKI, perwakilan FAO, IFAD, hingga perwakilan LSM dan ormas lain se-Indonesia,” jelas Henry.

Bersamaan dengan pembukaan konferensi, juga akan diresmikan pameran agroekologis yang akan menampilkan sistem pertanian agroekologis yang ramah lingkungan, mensejahterakan petani, dan mampu memberi makan masyarakat dunia.

Poster (terbaru) Pameran Agroekologi

 

Sementara itu pada 12 Juni malam setelah acara penutupan konferensi, SPI bekerjasama dengan Youth Food Movement dan WALHI akan menggelar Konser Malam Kedaulatan Pangan. Konser ini mengajak keterlibatan masyarakat umum – khususnya pemuda/i – untuk lebih peduli terhadap perjuangan petani sebagai penopang kedaulatan pangan di Indonesia. Konser ini akan diisi oleh penampilan beberapa artis yang mendukung ide dan perjuangan SPI seperti Navicula, Ring Of Fire (Fadli dan Rindra Padi), Sejati, Ego Lemos (Timor Leste), Jess Santiago (Filipina), dan lainnya.

“Pada tanggal 13 Juni, seluruh delegasi akan melakukan kunjungan lahan ke Sukabumi, melihat kesuksesan petani SPI disana memperjuangkan lahan seluas 600-an Ha,” tambah Henry.

ARTIKEL TERKAIT
Ketua Umum SPI : Kedaulatan Pangan Dibelokkan
Pertemuan pemuda La Via Campesina region Asia Timur-Asia Tenggara II Pertemuan pemuda La Via Campesina region Asia Timur-Asia Ten...
Gerak Lawan gelar renungan untuk rakyat Palestina di Bundaran HI Gerak Lawan gelar renungan untuk rakyat Palestina di Bundara...
Bunga Rampai Aksi SPI pada Hari Tani Nasional di Berbagai Wi...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU