SPI Sumbar: Ma’ruf Amin Komitmen Bangun Koperasi dan Muliakan Petani

PADANG. Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumatera Barat (Sumbar) mengapresiasi Calon Wakil Presiden Republik Indonesia 2019 – 2024 yang berkomitmen penuh untuk membangun koperasi dan memuliakan petani.

Ketua DPW SPI Sumbar Rustam Effendi menyampaikan, dalam bedah buku “The Ma’ruf Amin Way” pada Jum’at (08/02), mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut mengatakan, sebagai ulama ia mesti mengawal perkembangan ekonomi dengan syariah agar kehidupan umat menjadi kuat dan bangsa menjadi berdaulat.

“Ekonomi mesti sejalan dengan syariah agar pelaku ekonomi bisa menikmati added value atas komoditi yang mereka miliki. Seperti petani kakao dan kopi, mestinya added value mereka yang nikmati bukan perusahaan dari luar. Karena itu pertanian mesti diikuti dengan teknologi yang tepat guna agar keberdayaan keluarga petani terwujud. Oleh sebab itu saya hadir dengan sentuhan syariah agar ekonomi tidak liar dan hanya menguntungkan satu pihak saja. Inilah pentingnya koperasi yang digagas oleg Bung Hatta, putra Minangkabau,” papar Ma’ruf Amin dalam acara tersebut.

Siap Menangkan Jokowi – Amin

Oleh karena itu, Rustam menegaskan Tim Petani Pemenangan Jokowi – Amin (TPPJA) SPI Sumbar siap memenangkan Jokowi – Amin dalam Pemilu Presiden April 2019 mendatang.

Ketua SPI Sumatera Barat, Rustam Effendi

“Jokowi telah terbukti bekerja untuk mendukung dan mendorong koperasi agar tumbuh menjadi pelaku utama dalam perekonomian nasional, begitu pula Ma’ruf Amin,” tegas Rustam yang juga Ketua TPPJA-SPI Sumbar di Padang (10/02)

Rustam menambahkan, uraian Ma’ruf Amin dalam acara tersebut sesuai dengan cita-cita SPI, khususnya SPI Sumbar.

“Sudah saatnya keluarga petani tidak hanya bicara komoditi namun mesti ditingkatkan dengan adanya produk atas komoditi tersebut, tentu saja melalui Koperasi Petani Indonesia (KPI, koperasinya SPI) yang berwatak koperasi produsen,” tuturnya.

“Petani SPI Sumbar siap memenangkan Jokowi-Amin di bumi Minang. Kita komitmen dan berusaha. Insya Allah,” tutupnya.