Apa Kata Mereka Tentang 13 Tahun SPI?

JAKARTA. 13 tahun merupakan waktu yang tidak singkat bagi sebuah organisasi massa untuk bisa terus berkembang dan berkomitmen agar tidak melenceng rel perjuangannya. Dalam perjalanannya selama 13 tahun, Serikat Petani Indonesia telah cukup banyak mengalami pasang surut organisasi. Berikut ini adalah beberapa tanggapan yang berupa saran, masukan dan kesan terhadap pencapaian SPI di usianya yang ke-13 tahun. Tanggapan-tanggapan ini didapat redaksi melalui berbagai macam media, mulai dari komunikasi tatap muka langsung, telepon, email, hingga melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

“Pada saat pertama kali didirikan saya tidak pernah menyangka SPI akan menjadi sebesar ini. Selamat ulang tahun yang ke-13 untuk SPI. Tetap konsisten untuk terus berjuang menegakkan kedaulatan pangan untuk atasi krisis pangan di Indonesia,” Henry Saragih – Ketua Umum SPI dan deklarator SPI.

“Semoga di ulang tahunnya yang ke-13 ini, tujuan mulia SPI untuk menegakkan kedaulatan pangan demi tercapainya reforma agraria sejati dapat semakin mendekati keberhasilan,” Mugi Ramanu – Ketua Majelis Nasional Petani (MNP) SPI.

Semoga SPI bisa menjadi wadah perjuangan petani Indonesia untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran petani,” Achmad Ya’kub – Ketua Departemen Kajian Strategis Nasional SPI.

“Sebagai organisasi massa, SPI haruslah selalu telaten, fokus dan komitmen,” Syahroni – Ketua Departemen Pendidikan, Kesenian, Pemuda dan Budaya SPI.

“SPI punya potensi untuk bertransformasi menjadi lebih besar jika lebih berani dan tidak terjebak romantisme masa lalu,” Muhammad Ikhwan – Ketua Departemen Luar Negeri SPI.

“Petani miskin dan masyarakat desa sebagai pengelola kekayaan Sumber Daya Alam, utamanya penguasaan tanah. Hidup SPI, Selamat ulang tahun ke-13 untuk SPI,” Sarwadi Sukiman – Ketua BPW SPI Jambi.

“Jika diibaratkan sebagai angkatan laut, SPI harus memiliki tiga buah kapal jika ingin unggul dalam peperangan, yakni kapal latih (melatih kader-kader petani), kapal perang (untuk berjuang), dan kapal dagang (untuk ekonomi),” Wahyu Agung Perdana – Staf Departemen Penguatan Organisasi SPI.

“Pertama gabung di SPI saya disuruh packing sayuran organik di Pusdiklat SPI. Di ulang tahunnya yang ke-13 semoga SPI lebih bekerja keras mengorganisir petani-petani kecil,” Susan Lusiana – Ketua Pusdiklat Nasional SPI.

“Dirgahayu SPI. Hidup SPI. Hidup petani Indonesia. Perjuangan kita sangat tegas reforma agraria tidak bisa ditawar-tawar lagi,” Taufik Umar Dhani Harahap Pengacara rakyat

“Selamat ulang tahun SPI. Kalau politik tak tentu arah, mari satukan langkah. Tujuh komando, satu arah, dimungkinkan berbeda mimpi, tapi satu tindakan: melawan penindasan. Merdeka Petaniku, Merdeka Rakyatku, Merdeka Indonesiaku,” Ahmad Taufik Damanik – Dosen FISIP Universitas Sumatera Utara.

“Saya lihat SPI semakin berkembang,” Isabelle Delforge – La Via Campesina

“Selamat ulang tahun ke 13 SPI. Jadikan petani Indonesia tuan rumah di negerinya sendiri. Hidup SPI. Hidup petani,” Ratih Kusuma- La Via Campesina.

“Kehadiran SPI harus lebih dominan, lebih mengemuka,” Tejo Pramono – La Via Campesina.

Selamat Hari Jadi! Terus bergerak. Maju, lawan! Viva Campesina,”  Zayani Shallaita – Freelancer

Met ultah ya, semoga tetap menjadi tonggak perjuangan petani indonesia,” Rachmad Rangkuty

“Viva agraria,” Irwan Piliang – Petani

“SPI sebagai wadah berkumpulnya petani Indonesia selama 13 tahun saya pikir sudah menuju ke arah sebuah organisasi yang mapan dan cukup bagus dalam memberdayakan anggota akan tetapi yang perlu dipikirkan adalah regenerasi,” Irfan Nasution – PNS.

“Mantap, met ultah,”  Wayan Gendo Suardana – Aktivis Bali.

“Bakar semangat, gelorakan perjuangan, seberapapun berat, SPI harus raih kemenangan,” Heri Purwanto – Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

“Dirgahayu Serikat Petani Indonesia, Tani Maju” Yuyun Harmono – Koalisi Anti Utang.

“Harapan kami SPI menjadi organisasi rakyat yang kuat dan memposisikan ruangnya di parlemen sebagai perjuangan petani yang sejati,” Mukhtaruddin RitongaPenggiat LSM dari Aceh.

“Selamat Ulang Tahun Serikat Petani Indonesia,” Muhfi Asbin Sagala – Pekerja IT

“Kami berharap SPI segera menjadi partai,” Chris Dio.

“Semoga SPI lebih gigih dalam melakukan investigasi kasus-kasus yang merugikan petani kecil,” Mustafa Silalahi – Jurnalis.

“Happy Birthday SPI. Hidup Petani Indonesia. Selamat milad yang ke-13,” Eddy Suhartono – Antropolog.

“Dirgahayu Serikat Petani Indonesia, Hasta Siempre Comandante Henry Saragih,” Gunawan – IHCS.

“Selamat Ulang  Tahun Serikat Petani Indonesia yang Ke-13 tahun (8 Juli 1998 – 8 Juli 2011). Hidup Petani. Hidup Rakyat. Hidup SPI,” Nurliana – SINTESA.

Redaksi memohon maaf bila ada tanggapan dari anda yang tidak dicantumkan di artikel ini.

 

 

 

 

 

 


 

ARTIKEL TERKAIT
ADB Penyebab Krisis Pangan, Perburuk Konflik Agraria dan Hancurkan Alternatif Lokal dan Nasional ADB Penyebab Krisis Pangan, Perburuk Konflik Agraria dan Han...
Pemerintah Indonesia tidak serius mengatasi perubahan iklim Pemerintah Indonesia tidak serius mengatasi perubahan iklim
SPI gelar rakornas departemen petani perempuan SPI gelar rakornas departemen petani perempuan
Gerakan rakyat harus bersatu melawan FTA
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU