DPC SPI Tanggamus Laksanakan Musyawarah Cabang

Muscab Serikat Petani Indonesia Kabupaten Tanggamus Lampung

TANGGAMUS. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Tanggamus Lampung mengadakan Musyarawah Cabang (Muscab) di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung (23/09). Peserta Muscab berasal dari tujuh kecamatan yakni, Kecamatan Limau, Kecamatan Gisting, Kecamatan Air Naningan, Kecamatan Sumberejo, Kecamatan Talangpadang, Kecamatan Pugung, dan Kecamatan Ulubelu.

Wahyudin, Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Lampung menyampaikan bahwa para pengurus sebelumnya telah mempersiapkan musyawarah ini dengan melakukan pendidikan-pendidikan dan rapat-rapat di basis.

”Muscab ini membahas tentang perkembangan organisai dan menghasilkan keputusan-keputusan penting yang akan menjadi panduan bagi organisasi”, tutur Wahyudin.

Wahyudin menambahkan bahwa agenda muscab membahas dan menetapkan program kerja, memilih ketua cabang dan memilih anggota majelis cabang.

Wahyu Agung Perdana dari Departemen Penguatan Organisasi Badan Pelaksana Pusat (BPP) SPI menyampaikan bahwa sangat penting bagi para petani untuk membangun organisasi yang terstruktur seperti SPI, karena SPI adalah wadah dan alat perjuangan bagi para petani (kecil).

“SPI ini adalah wadah bagi kita, kaum tani yang memiliki tujuan sama. Jadi kita sendirilah yang harus memajukan SPI ini demi kemaslahatan para petani Indonesia” tegasnya.

Wahyu juga menambahkan bahwa saat ini cukup banyak permasalahan yang dihadapi oleh petani mulai dari kepemilikan lahan yang rata-rata hanya 0,3 Hektare per KK, kriminalisasi petani, sistem perdagangan hasil tani yang tidak adil bagi petani, hingga ketergantungan petani kecil kepada para tengkulak.

Muscab akhirnya menetapkan Komarudin sebagai Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Tanggamus. Komarudin menyampaikan, semoga dengan terbentuknya kepengurusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Kabupaten Tanggamus mampu mengakomodir dan membela kepentingan petani anggotanya, memperkuat persatuan petani kecil.

ARTIKEL TERKAIT
Batasi Peran Asing di Perbenihan Indonesia Batasi Peran Asing di Perbenihan Indonesia
HAM Untuk Petani: Sebuah Agenda Tersisa, Refleksi Memperinga...
NTP Februari 2015: Hortikultura dan Perkebunan Masih Lemah, ...
Aksi SPI Kabupaten Sumedang Menyikapi Pilpres
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU