Muswil I SPI Riau : Bangun Koperasi, Perkuat Organisasi

Henry Saragih Ketua Umum SPI

Henry Saragih, Ketua Umum SPI dalam pembukaan Muswil I SPI Riau

PEKANBARU. Setelah hampir lima tahun SPI hadir di bumi melayu Riau, akhirnya pada tanggal 28-30 Oktober 2016, Panitia Persiapan Wilayah (PPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Riau mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswil) yang pertama. Acara yang diadakan di halaman sekretariat SPI Riau, Jalan Katio NO 10 A, Pekanbaru, Riau diikuti oleh tiga Kabupaten yaitu Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Kuantan Singingi ( Kuansing ), DPC SPI Kabupaten Kampar, dan DPC SPI Kabupaten Bengkalis, yang dihadiri oleh ketua-ketua DPC dan MCP dari masing-masing Kabupaten.

Sebelum mengadakan muswil terlebih dahulu diadakan acara pembukaan yang diadakan di halamam sekretariat DPW SPI Riau, yang dihadiri sekitar 100 orang terdiri dari peserta muswil dan tamu undangan. Dalam sambutan pembukaan Muswil PPW SPI Riau Misngadi mengatakan pentingnya mengadakan muswil yaitu sebagai implementasi dari AD/ART SPI, menentukan kepemimpinan ketua wilayah lima tahun ke depan yang terlegitimasi sesuai mandat AD/ART SPI.

“Dalam muswil juga akan ditetapkan pengurus wilayah dari masing-masing pewakilan cabang untuk bekerja bersama dalam mewujudkan cita-cita perjuangan SPI,” kata Misngadi.

Sementara itu, Ketua Umum SPI Henry Saragih, yang hadir dalam Muswil ini menegaskan pentingnya konsolidasi antar pengurus dari basis hingga DPW untuk penguatan organisasi SPI dalam mendorong pembaruan agraria sejati untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

“Sangat penting membangun ekonomi organisasi SPI melalui wadah koperasi-koperasi untuk mengatur dan mengelola ekonomi anggota yaitu produksi petani harus dikelola dengan baik sehingga dapat menghasilkan nilai tambah bagi ekonomi keluarga anggota,” kata Henry Saragih.

Dalam kesempatan yang sama, juga diresmikan secara simbolis empat Koperasi Petani Indonesia (KPI) SPI Riau dengan penandatanganan prasasti, yang selama ini telah berjalan untuk mengelola usaha produksi hasil pertanian para anggota di masing-masing DPC SPI di Provinsi Riau.

Sementara itu, acara muswil SPI Riau dimulai pada jam 13.30 tanggal 29 Oktober 2016 yang diawali dengan pemilihan ketua sidang, sekretaris dan anggota sidang tetap, yang dipandu oleh panitia muswil. Dalam muswil ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat Majlis Nasional Petani (MNP) yang terdiri dari satu orang laki-laki dan satu orang perempuan.

Di samping itu dalam penetapan Majlis Wilayah Petani (MWP) juga dilakukan dengan musyawarah dan mufakat. Setelah dilakukannya pemilihan MNP dan MWP dilanjutkan dengan pemilihan ketua wilayah SPI Riau. Setelah melalui diskusi, secara aklamasi terpilih ketua Badan Pelaksan Wilayah (BPW) SPI Riau, Misngadi, untuk periode 2016-2021.

“Saya mengajak seluruh jajaran pengurus basis sampai wilayah agar bahu membahu bekerja bersama untuk mewujudkan keberhasilan perjuangan yang sedang dan akan dihadapi, sama- sama memperkuat organisasi agar SPI di Riau semakin besar dan semakin banyak yang dapat diberikan untuk masyarakat pedesaan dan petani,” kata Misngadi dalam sambutannya setelah terpilih menjadi Ketua BPW SPI Riau.

ARTIKEL TERKAIT
WEF Asia Timur 2015: Menangkan Swasta, Pemerintah Jangan Lupakan Petani WEF Asia Timur 2015: Menangkan Swasta, Pemerintah Jangan Lup...
BPW SPI Sumut menggelar diskusi pembaruan agraria
Privatisasi air mengancam kedaulatan petani Banten Privatisasi air mengancam kedaulatan petani Banten
Solidaritas Petani Indonesia atas Konflik Palestina Solidaritas Petani Indonesia atas Konflik Palestina
1 KOMENTAR
  1. misngadi berkata:

    perjuangan SPI Riau kedepan semakin berat, makin banyak tantangan yang dihadapi, perlu kesolidan organisasi untuk menghadapi semua tantangan. kami berharap kepada DPP SPI di Jakarta, untuk memberiakan perhatian yang serius terhadap Riau mengingat konflik agrariau di riau semakin konplek sehingga sangat diperlukan perhatian yang lebih oleh DPP, apalagi membangun SPI di Riau sangat berat.

BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU