SPI Basis Simpang Kopas, Asahan, Serahkan 24 Ha Lahan Kolektif

Penyerahan_Lahan_Kolektif_SPI_Asahan

ASAHAN. Dewan Pengurus Basis (DPB) Serikat Petani Indonesia (SPI) Simpang Kopas, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan menyerahkan lahan kolektif seluas 24 hektare untuk logistik perjuangan (08/05). Penyerahan lahan kolektif ini diterima oleh Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Asahan Syahmana Damanik dan disaksikan pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Sumut dan kader-kader petani SPI di Basis Simpang Kopas.

Syahmana Damanik menyampaikan lahan kolektif ini nantinya akan diperuntukkan bagi kepentingan SPI, mulai dari struktur paling hingga struktur paling bawah kepengurusan SPI.

“Semoga lahan kolektif mampu memperkuat jalannya roda organisasi dalam memperjuangkan petani,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumatera Utara (Sumut) Zubaidah menyampaikan bahwasanya untuk membangun kemandirian organisasi dibutuhkan semangat kolektifitas yang tinggi, dan lahan kolektif ini adalah bukti nyata dari semangat tersebut.

Maulina Br. Sitorus, petani perempuan anggota SPI Basis Simpang Kopas menyampaikan ia dan para petani di daerahnya mulai berjuang mempertahankan lahannya bersama SPI sejak tahun 2008.

“Di awal-awal perjuangan dulu kami sering mendapatkan teror, intimidasi dan ancaman untuk meninggalkan lahan kami. Sekarang kami sudah bisa menanam, dan memetik hasil, buah dari perjuangan yang konsisten dan tak kenal lelah bersama SPI,” ungkap Maulina.

Maulina juga berharap agar petani-petani anggota SPI lainnya yang saat ini sedang berjuang, agar tetap bersatu dan bersemangat dalam mempertahankan lahan yang memang menjadi haknya.

ARTIKEL TERKAIT
SPI Sumut Gelar Rapat Kerja Wilayah
Dialog antara Masyarakat Sipil dengan Pemerintah dalam rangka Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika dalam Visi Reaktualisasi Kerjasama Selatan- Selatan dalam Dunia Multi-Polar Abad 21 Dialog antara Masyarakat Sipil dengan Pemerintah dalam rangk...
SPI Kembangkan Sayap Organisasi di Lebak
“Indonesia Darurat Agraria: Luruskan Reforma Agraria dan S...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU