SPI Lampung Apresiasi Kedatangan Presiden Jokowi

Jokowi di Lampung

PRINGSEWU. Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Lampung mengapresiasi kedatangan Presiden Joko Widodo ke Pringsewu, Lampung, Sabtu kemarin (24/11). Kedatangan Jokowi ini sendiri dalam rangka menghadiri acara “Temu Petani Lampung” yang bertemakan “Bersama Mewujudkan Kesejahteraan Petani”.

Ketua DPW SPI Lampung Muhlasin menyampaikan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi yang sudah berkenan hadir ke acara tersebut.

“Atas nama seluruh panitia penyambutan temu petani dengan Presiden Joko Widodo, saya Ketua SPI Lampung sekaligus ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden dan rombongan yang sudah berkenan hadir, tak lupa ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu terlaksananya acara tersebut, terkhusus buat ibu-bapak petani di Desa Pujodadi, Pardasuka, Pringsewu,” paparnya di Lampung pagi ini (26/11).

SPI di acara temu petani lampung

Muhlasin menerangkan, kegiatan temu petani tersebut bertujuan sebagai wadah komunikasi langsung rakyat dengan pucuk tertinggi peemerintahan mengenai kendala, hambatan, serta harapan petani berkaitan dengan masalah produksi. Hal ini disampaikan Muhlasin karena menurutnya bicara kedaulatan pangan tidak lepas dari masalah produksi pangan itu sendiri.

“Bagaimana kemudian ormas tani membangun kemitraan dengan Bulog untuk penyerapan hasil produksi padi, ini juga jadi salah satu entry point kegiatan temu petani ini,” ungkapnya.

Muhlasin (paling kiri), Ketua DPW SPI Lampung

Muhlasin (paling kiri), Ketua DPW SPI Lampung

Muhlasin melanjutkan, untuk menegakkan kedaulatan pangan, penting juga bagi kaum tani untuk mampu berdaulat benih, menangkarkan benih sendiri, hingga memproduksi pupuk alami secara mandiri.

“Selanjutnya peran pemerintah melalui Bulog, seyogyanya juga harus bekerjasama dengan koperasi-koperasi yang dibangun dan dikelola oleh petani itu sendiri,” lanjutnya.

Muhlasin menambahkan, SPI Lampung mendukung program-program pemerintahan Jokowi yang sifatnya menumbuhkan, membangkitkan inisiatif-inisiatif petani dalam menegakkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraannya.

massa peserta

“Respon kedatangan Pak Jokowi ke acara ini cukup luar biasa, yang kita undang 13.000-an massa, yang datang 15.000-an, selanjutnya di tengah medan yang becek karena hujan deras, beliau masih santai berdialog dengan kita petani, selama beberapa bulan ke depan kedatangannya bakal jadi bahan pembicaraan terus di Pringsewu ini,” tambahnya.

Stan SPI di acara Temu Petani Lampung

Stan SPI di acara Temu Petani Lampung

Sementara itu, acara ini menampilkan pameran produk pertanian yang diproduksi petani. SPI sendiri menampilkan pertanian agroekologinya dan benih SPI-20, benih hasil tangkaran petani SPI yang sangat produktif dan tahan hama. Dalam kesempatan yang sama, juga telah dilakukan penandatanganan kesepakatan (MoU) antara Koperasi Petani Indonesia (KPI) Lampung (koperasinya SPI Lampung) dengan Bulog Divre Lampung.

Kontak selanjutnya:
Muhlasin – Ketua SPI Lampung – 0812-1289-9945