SPI Resmi Berdiri di Bener Meriah, Aceh

Muscab SPI Bener Meriah

BENER MERIAH. Serikat Petani Indonesia (SPI) secara resmi berdiri di Kabupaten Bener Meriah, Aceh dengan dilaksanakannya Musyawarah Cabang (Muscab) pada sabtu, 30 Maret 2013. Acara yang diselenggarakan di aula SMPN 2 Wih Pesam Bener Meriah ini dihadiri oleh perwakilan 19 basis dan empat ranting SPI, beserta unsur Muspida Kabupaten Bener Meriah dan Batalyon 114 Bener Meriah.

Perwakilan SPI Aceh Agus Syahputra menyampaikan, Indonesia sebagai negara berdaulat, hari ini tidak mampu lagi memberi makan rakyatnya, karena kebijakan terhadap pertanian yang diterapkan sejak orde baru terus bersalahan dan hanya membela kepentingan pemodal dan kepentingan asing. Bukan hanya beras, gula, jagung, kacang kedelai, buah-buahan, daging, garam dan lain-lain di datangkan dari luar negeri demi memenuhi kebutuhan dalam negeri Indonesia.

“Oleh karenanya kita sebagai petani yang tergabung dalam SPI, yakin bahwa petani Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pangan kita tanpa tergantung dari luar. Justru karena itu dengan organisasi yang kita jalankan ini mari bersama-sama kita menekan kebijakan pemerintah agar perpihak kepada petani dan memberikan kepercayaan dengan menerbitkan undang-undang yang mendukung petani.  Dengan kecintaan kita kepada republik ini, kita yakin dengan kemampuan persatuan yang kita miliki kita mampu berdaulat atas pangan kita sendiri,” papar Agus.

Sementara itu, Muscab ini menetapkan Muhammad Yunus sebagai Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Kabupaten Bener Meriah. Dalam sambutannya, ketua terpilih mengungkapkan, sebagai sebuah kabupaten baru Bener Meriah memiliki hasil bumi yang melimpah ruah, baik dari sayur-sayuran, buah-buahan dan komoditas yang terkenal adalah kopi.

“Saya berharap dengan berdirinya SPI cabang Bener Meriah, kita dapat meningkatkan kualitas pangan yang sehat, serta pasar yang sehat dan komoditas kopi yang terus kita kampanyekan agar benar-benar menjadi usaha yang menguntungkan petani di sini dengan pasar yang tidak dimonopoli. Saya yakin dan percaya pada SPI Bener Meriah dan komponen masyarakat sipil lainnya mampu melakukan terobosan ini. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan anggota basis dan ranting yang telah mempercayai saya sebagai ketua Cabang SPI Bener Meriah. Suatu kehormatan bagi saya atas kepercayaan tersebut,” ungkapnya.

Dengan berdirinya SPI Bener Meriah, maka untuk saat ini telah terdapat berdiri empat cabang SPI di empat kabupaten di Aceh yaitu : Aceh Tamiang, Bireuen, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

ARTIKEL TERKAIT
Pelatihan Pertanian Berkelanjutan Petani Perempuan
SPI Siap Sambut Peserta Konferensi Internasional ke-6 La Via...
SBI Mengecam APINDO yang pro pasar dan anti buruh SBI Mengecam APINDO yang pro pasar dan anti buruh
Kedelai Jatuh ke Lubang yang Sama Kedelai Jatuh ke Lubang yang Sama
8 KOMENTAR
  1. Amiruddin (AMIR) berkata:

    Asslmykm wr wb.. Sy sagat senang mendegar d bener meriah sudah ada spi. Sy ini ketua kelompok tani organik aceh (SPO.Aceh). Berkedudukan d aceh utara sudah 4 tahun kami jalankan dgn partisipasi warga. Sy mengucapkan selamat sukses pk Agus..

  2. robby wahyu silalahi berkata:

    HIDUP SPI,TEGAKKAN UNDANG UNDANG HAGRARIA TANAH UNTUK RAKYAT.

  3. Bang Lingga.SE berkata:

    Serikat Petani Indonesia merupakan urat nadi pembangunan rakyat karna merupakan daerah agraris terpanjang di dunia ,dan sandang pangan wajib di galakan di seluruh nusantara untuk itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan berpartisifasi demi kesejahtraan dan kedaulatan pangan nasional sekarang dan di masa yang akan datang lebih baik lagi.

  4. tantan sutandi berkata:

    selamat…….
    hidup petani !!!!!!

  5. sri wahyuni berkata:

    Alhamdulillah…rapatkan barisan menuju kedaulatan petani

  6. Irwan hamid berkata:

    Selamat !..Hidup petani! Hidup SPI !

  7. Bang Lingga.SE berkata:

    apa kabar teman-teman sps di seluruh nusantara

  8. Mus Arhan berkata:

    mantap,,, hidup SPI

BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU