Tradisi Makan Bersama Menutup Kemah Pemuda Tani SPI

SUKABUMI. Ada sesuatu yang cukup spesial dalam penutupan Kemah Pemuda Tani SPI kali ini (Rabu,24/11). Untuk menunjukkan rasa persamaan, panitia Kemah Pemuda Tani SPI melakukan makan siang bersama dengan daun pisang yang dijajarkan panjang. Baik panitia dan peserta duduk di atas terpal dan saling berhadapan membentuk barisan panjang saling berhadapan.

Dihadapan peserta diletakkan nasi beserta lauk pauknya diatas daun pisang. Selanjutnya peserta dan panitia langsung makan dari atas daun pisang tersebut dengan menggunakan tangan.

“Makan siang terakhir acara kemah pemuda tani SPI ini, sengaja kami buat sesuatu yang spesial. Hal ini untuk menunjukkan bahwa semua yang hadir di acara ini sama kedudukan dan derajatnya serta memiliki visi dan misi yang sama yakni memajukan pertanian Indonesia yang berkedaulatan” Ungkap Achmad Ya’kub Ketua Panitia Kemah Pemuda Tani SPI ini.

Ya’kub menambahkan yang lebih spesial lagi adalah  peserta Youth Meeting (Pertemuan Pemuda) La Via Campesina juga ikut bergabung makan siang bersama para peserta lainnya.

Alfan, salah seorang peserta dari DPW SPIl Nusa Tenggara Timur mengatakan bahwa tradisi makan ini menggambarkan keakraban para pemuda dari seluruh dunia yang memiliki pemikiran yang sama tetang pertanian.

“Tidak ada batasan, semuanya makan dari tempat yang sama, semuanya berbaur dan berbagi. Hal ini cukup indah” ungkap Alfan.

Sam, peserta Youth Meeting La Via Campesina asal Jepang menyebutkan bahwa dia sangat senang  dengan tradisi makan bersama ini.

“Ini menunjukkan kekompakan pemuda tani dari seluruh dunia” ungkap Sam.

Kemah Pemuda Tani ini dilaksanakan di bumi perkemahan Situ Gunung, Sukabumi pada 21-25 November 2010  dan menghasilkan Ikrar Pemuda Tani SPI.

ARTIKEL TERKAIT
Bunga Rampai Aksi Petani SPI Rayakan #HariTaniNasional di Pa...
Kebijakan Pemerintah Tidak Saling Dukung Satu Sama Lain
Nilai Tukar Petani (NTP) Juli 2017 Naik, Namun Kemiskinan M...
Kampanye global menuju Konvensi Internasional Hak Asasi Petani diluncurkan Kampanye global menuju Konvensi Internasional Hak Asasi Peta...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU