#20TahunSPI: 8 Juli 1998 – 8 Juli 2018

LOGO 20 TAHUN SPI

LATAR BELAKANG

Serikat Petani Indonesia (SPI) didirikan pada tanggal 8 Juli 1998 di Kampung Dolok Maraja, Desa Lobu Ropa, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Ketika dideklarasikan bernama Federasi Serikat Petani Indonesia (FSPI). Kelahiran SPI merupakan salah satu hasil dan tahapan dari perjalanan panjang perjuangan petani Indonesia untuk memperoleh kebebasan berkumpul, berorganisasi, menyuarakan pendapat dan kemandirian ekonomi petani. Bagi SPI, kemandirian ekonomi petani tersebut hanya bisa dicapai dengan menerapkan konsep reforma agraria dan kedaulatan pangan, di antaranya melalui penguasaan masyarakat tani atas tanah dan benih sendiri sebagai alat produksi mereka, proses produksi secara agroekologis dan koperasi sebagai kelembagaan ekonomi kolektif petani.

Menjelang usia yang ke-20 pada tanggal 8 Juli 2018 ini, SPI sudah banyak berkiprah untuk mewujudkan keadilan agraria dan kesejahteraan petani melalui praktek-praktek perbenihan dan produksi pertanian secara agroekologis dan koperasi, serta berperan aktif untuk mengusulkan dan mendorong kebijakan-kebijakan Pemerintah dalam mengimplementasikan distribusi lahan dan kedaulatan pangan, seperti Desa Berdaulat benih sebagaimana yang tertuang dalam Nawacita dan RPJMN 2015-2019.

Oleh karena itu dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 dengan tema “Memperkuat Organisasi Tani untuk menjadi kekuatan terdepan dalam memperjuangkan kedaulatan rakyat untuk keadilan agraria dan kedaulatan pangan”, SPI bermaksud menyelenggarakan serangkaian kegiatan peringatan pada tanggal 12 Juli 2018 di Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur, berupa pencanangan Desa Berdaulat Benih SPI dan peluncuran Benih SPI. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari kegiatan Konsultasi Benih Tingkat Asia yang diselenggarakan SPI bersama International Planning Committee (IPC) untuk Kedaulatan Pangan pada tanggal 10-13 Juli 2018.

TEMA KEGIATAN
“ Menegakkan Hak atas Benih untuk Kedaulatan Pangan ”

TUJUAN KEGIATAN

  • Memperingati Hari Ulang Tahun ke-20 Serikat Petani indonesia;
  • Mencanangkan Desa Berdaulat Benih SPI di Kediri;
  • Meluncurkan Benih SPI

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Acara Peringatan dan Refleksi perjuangan SPI dalam 20 tahun;
  • Adanya Desa yang dicanangkan untuk menjadi Desa Kemandirian Benih SPI;
  • Tersedianya Benih SPI untuk anggota SPI;

PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan ini ditargetkan berjumlah 1.000 orang petani anggota SPI, tamu luar negeri, pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga/organisasi gerakan rakyat, akademisi, mahasiswa, dan media massa.

WAKTU & TEMPAT KEGIATAN
Hari-Tanggal : Kamis, 12 Juli 2018
Pukul : 08:00 – 13:30 WIB
Tempat : Lapangan Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur

=================

BERITA TERKAIT:

ARTIKEL TERKAIT
Aksi asian people’s movement melawan ADB di Bali Aksi asian people’s movement melawan ADB di Bali
Pemerintah Harus Hentikan Impor Bawang Putih
Jer (man) Basuki Mawa Beya, Hari Koperasi dan Budaya Miskin Jer (man) Basuki Mawa Beya, Hari Koperasi dan Budaya Miskin
Perjuangan anggota SPI Basis Damak Maliho dikriminalisasikan Polres Deli Serdang Perjuangan anggota SPI Basis Damak Maliho dikriminalisasikan...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU