800-an Peserta Hadiri Muswil SPI Jawa Tengah

Muswil_SPI_Jateng

PATI. Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Tengah melangsungkan Musyawarah Wilayah (Muswil) di Gedung Haji, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Muswil yang diselenggarakan dua hari (11-12 Januari 2013) ini, dihadiri oleh 800-an peserta yang berasal dari 13 kabupaten yakni Kabupaten Banyumas, Wonosobo, Batang, Demak, Kudus, Pati, Boyolali, Jepara, Semarang, Cilacap, Purwodadi, Rembang dan Solo. Muswil yang dibuka dengan pagelaran budaya ini menampilkan pangan hasil tani dari petani anggota SPI se-Jawa Tengah.

Ketua Umum SPI Henry Saragih yang hadir langsung dalam muswil ini menyampaikan 2014 adalah tahun politik Indonesia, di tahun inilah arah pembangunan (pertanian) Indonesia selama lima tahun ke depan diputuskan.

“Oleh karena itu pada saat pemilu nanti kita sebagai petani harus benar-benar mengetahui seluk beluk pilihan kita. Jangan lagi terbuai dengan janji manis. Kita lihat latar belakangnya, apakah selama ini ia memperjuangkan kepentingan rakyat (petani) kecil atau justru kebijakan-kebijakannya membuat kehidupan kita semakin susah, merampas lahan pertanian kita, membuat produk pertanian kita tidak laku dipasar, dan lainnya,” papar Henry kepada peserta muswil yang bertemakan “Reforma Agraria dan Kedaulatan Pangan untuk Keadilan Ekonomi” ini.

Ketua Badan Pelaksana WIlayah (BPW) SPI Jawa Tengah Edi Sutrisno menyampaikan semoga Muswil ini menghasilkan keputusan dan kepengurusan yang amanah dan bertanggung jawab, yang mampu memperjuangkan kepentingan petani kecil.

Hadir juga dalam Muswil ini Ketua Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah, Suryo Banendro dan Ketua Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Pati, Pujo.

Dalam sambutannya Suryo Banendro yang hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan “titipan” salam dan selamat Gubernur yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut.

“Selamat atas terselenggaranya Muswil SPI Jawa Tengah ini, semoga berkontribusi bagi pengembangan potensi pertanian di Jawa Tengah,” tuturnya.

Sementara itu Pujo selaku Ketua BKP Kabupaten Pati menyampaikan pihaknya akan menindaklanjuti kerjasama yang bisa dilakukan dengan DPW SPI Jawa Tengah, khususnya SPI Kabupaten Pati.

Sementara itu Muswil akhirnya kembali menetapkan Edi Sutrisno sebagai Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Jawa Tengah untuk periode 2014 – 2019. Dalam kata sambutannya Edi menyampaikan dia akan berusaha melaksanakan amanah yang dipercayakan kepadanya dengan maksimal.

“Mari bersama kita bangun SPI sehingga menjadi organisasi petani yang lebih kuat. Mari kita selesaikan konflik lahan yang menimpa anggota kita, memperkuat basis, perbanyak pendidikan dan kita bangun lembaga keuangan berbasis petani sebagai logistik perjuangan kita,” ungkapnya.

 

 

 

ARTIKEL TERKAIT
PBB Pasang Badan untuk Pertanian "Cerdas" Iklim (Climate Sma...
La Via Campesina Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan La Via Campesina Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan
SPI Ikuti Kemah Pemuda Tani La Via Campesina di Thailand
Galeri Foto #HariTaniNasional2016: Aksi Simbolik BAMUSTANI d...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU