Asas Kerakyatan bagi Petani

Bahwa masyarakat Indonesia ini harus menjadi tempat bagi rakyat tani hidup makmur, selamat bahagia, aman dan damai di dalamnya memberikan ketentuan pula. Bahwa Rakyat yang mengusahakannya, menyusun, dan mengisinya. Kaum petani Indonesia harus yakin, hanya dengan usaha para petani sendirilah akan tercapai dan terwujud suatu masyarakat yang dicita-citakan para petani itu sendiri.

Rakyat tani adalah subyek dalam pembangunan masyarakatnya dan subyek dalam penyusunan serta pembentukan masyarakat Indonesia. Mereka bukanlah alat atau obyek pembangunan, tetapi mereka sendiri pembangun masyarakatnya. Karena itu maka rakyat tani Indonesia memandang bahwa dasar dan asas kerakyatan adalah satu-satunya dasar yang dapat dijadikan pegangan dalam segala usaha, serta menjadi pedoman dalam perjuangan menuju penyadaran para petani sendiiri, dan petani pula yang harus menjadi jiwa gerakan untuk mencapai cita-cita bersama yakni kesejahteraan rakyat tani Indonesia.

Asas kerakyatan mengandung arti bahwa rakyatlah yang harus menentukan nasib dan mengatur dirinya sendiri. Rakyat yang berdaulat di atas dirinya sendiri. Asas kerakyatan juga mengandung arti demokrasi politik, demokrasi ekonomi, dan demokrasi sosial. Asas kerakyatan oleh karena itu menolak tiap-tiap segala bentuk penindasan dan perbudakan, dengan nama dan atau bentuk apapun, serta oleh siapapun juga, baik itu berupa feodalisme, kapitalisme maupun imperalisme serta menolak dari setiap bentuk-bentuk kekuasaan diktator dan totaliter yang bersifat perkosaan terhadap hak-hak pribadi manusia.

Tujuan Perjuangan dan Pembelaan Kaum Tani

Perjuangan Kaun Tani Indonesia bertujuan mempertinggi derajat kehidupan dan penghidupan rakyat tani Indonesia untuk bersama-sama dengan golongan lain menyusun suatu masyarakat yang tiada pemerasan dan penindasan. Masyarakat Petani sebagai layaknya manusia harus mendapatkan kehidupan dan penghidupan yang baik, sesuai dengan peranan dan tugasnya di dalam masyarakat dan untuk masyarakat, dan sesuai dengan pula kekayaan bumi dan alam Indonesia yang seharusnya sanggup memberi penghidupan yang tinggi kepada rakyat yang mengusahakan. rakyat tani Indonesia  juga harus mendapatkan makanan dan pakaian yang cukup serta perumahan yang sehat, rakyat tani Indonesia juga harus mendapatkan hiburan, serta hidup dengan rasa aman dan damai bebas dari ketakutan dan tekanan jiwa.

Semua itu bisa terdapat dalam sebuah masyarakat yang tiada lagi penindasan dan pemerasan, tiada lagi seorang berkuasa atas orang lain. Yaitu masyarakat yang menjamin kebebasan tiap-tiap orang, dengan tidak seorangpun berhak membelenggu oranglain dengan kekuasaannya yang dipaksanakan, masyarakat yang menjamin kebebasan pribadi manusia untuk berkembang sesuai dengan bakat dan kecakapannya.

Masyarakat yang dicita-citakan adalah Masyarakat yang menjamin keadilan rezeki yang merata pada tiap-tiap orang yang bekerja, serta menjamin hak-hak asasi manusia serta kebebasan pribadi, masyarakat yang menjadi tempat segenap rakyat hidup makmur, aman dan damai.

 Jalan dan Usaha mencari keadilan        

Untuk mencapai tujuan sebagaimana dikemukakan di atas, dengan pengertian dan keyakinan, bahwa segalanya hanya dapat tercapai dengan kekuatan dan kesanggupan masyarakat petani akan pentingnya penyadaran dan pentingnya mengerti akan hak-hak politiknya (hak kewarganegaraan) dengan membentuk organisasi untuk menyusun kekuatan sebagai perjuangannya.

Pengalaman sejarah, memberikan pelajaran, bahwa karena tidak adanya organisasi  yang disusun oleh dan untuk masyaraakt petani, melemahkan perjuangan dan tidak membawa hasil tujuannya. Di Jaman sekarang, dimana perjuangan sudah merupakan organisasi yang kokoh, dengan alat kelengkapannya yang serba modern.

Organisasi adalah alat perjuangan yang paling modern untuk membantu dan menyalurkan aspirasi dan memperjuangankan hak-haknya. Maka dari itu perjuangan Serikat Petani Indonesia (SPI), didirikan untuk menjadi tempat bagi masyarakat petani yang sadar akan nasibnya, dengan penuh kemauan yang akan melepaskan dirinya dari kemiskinan dan kesengsaraan dari warisan yang tertekan dari politik penjajahan dan feodal berabad-abad. Serikat Petani Indonesia adalah sebuah tempat dimana gerakan petani menyusun kekuatan untuk berjuang mencapai tujuan hidupnya.

Perjuangan para petani Indonesia yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia ini, akan menyusun satu masyarakat yang tidak lagi ada penindasan dan pemerasan, masyarakat dimana rakyat petani dengan golongan lainnya hidup selamat dan bahagia, makmur serta aman dan damai.

*) Tri Hariyono adalah Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Yogyakarta.