Berita Foto: Workshop Internasional Pembaruan Agraria Abad 21

BUKITTINGGI. La Via Campesina (Gerakan Petani Internasional) bekerjasama dengan Serikat Petani Indonesia (SPI) menyelenggarakan Workshop dan Seminar Internasional yang bertajuk “Pembaruan Agraria dan Mempertahankan Lahan dan Teritori: Peluang dan Tantangan ke Depan” di Bukit Tinggi, 10 -14 Juli 2012.

Acara yang diikuti oleh peserta dari 26 negara ini mempertemukan para petani kecil dan para aktivis gerakan sosial untuk merumuskan formula tentang pembaruan agraria sejati untuk menata ulang struktur agraria yang timpang, yang memungkinkan eksploitasi manusia atas manusia, menuju tatanan baru dengan struktur yang bersendi kepada keadilan agraria.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini (10-13 Juli 2012) ini akan dilanjutkan dengan seminar internasional yang mengundang Menteri Pertanian RI, Suswono dan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, pada 14 Juli 2012.

Workshop ini diakhiri dengan mengunjungi kampung petani anggota SPI di Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Baratm yang telah berhasil menerapkan pertanian organik di atas lahan perjuangan kolektif.

Acara ini juga merupakan rangkaian peringatan perayaan hari ulang tahun SPI ke-14 yang puncaknya akan digelar di Pusdiklat Pertanian Organik SPI di Jorong Sibaladuang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, pada 15 Juli 2012.

 

 

ARTIKEL TERKAIT
Hak Asasi Petani: Dasar Pelaksanaan Reforma Agraria & Kedaul...
Setengah Abad UUPA 1960: Tahun Emas Perjuangan Rakyat Tani;  Laksanakan Pembaruan Agraria Sejati Setengah Abad UUPA 1960: Tahun Emas Perjuangan Rakyat Tani; ...
Ditanam secara Agroekologi, SPI Lampung Panen Padi Bersama B...
Kunjungan Petani Perempuan ke Pusdiklat dan Pusat Perbenihan Kunjungan Petani Perempuan ke Pusdiklat dan Pusat Perbenihan
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU