Catatan dari Banten Lama

Sesudah kurang lebih satu minggu melakukan konfrensi Internasional Hak Asasi Petani, akhirnya pada Rabu, 25 Juni 2008, para delegasi melakukan kunjungan lapangan di Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Tepatnya di Desa Mandalawangi, Kec. Kade Hejo.

Wilayah Mandalawangi termasuk wilayah subur, secar geografis wilayah ini diapit oleh gunung. itu sebabnya ia menjadi pilihan untuk melakukan field trip di lokasi ini, sekaligus untuk mencanangkan pertanian organik di wilayah tersebut yang juga merupakan basis SPI Banten. saat ini di wilayah tersebut belum seluruhnya melakukan pertanian organik.

Delegasi berangkat dari Jakarta pkl 07.00wib dan sampai di Banten kurang lebih pada pkl 09.30 wib. disana delegasi disambut warga setempat. begitu memasuki lokasi delegasi di sambut oleh petani dengan memakaikan caping pada delegasi. Acara dimulai dengan ramah tamah, turut hadir juga kepala kanwil BPN propinsi Banten dan juga petugas dari Distanak (Dinas Pertanian dan Pertenakan) kab. Pandeglang. Dalam acara tersebut dilakukan pula pelantikan ketua-ketua DPB dari kecamatan Kaduhejo.

Setelah melakukan dialog singkat antara delegasi, petani dan pemerintahan setempat. delegasi berkeliling untuk melihat kondisi dan praktek pertanian yang dilakukan oleh petani setempat. para delegasi menyempatkan terlibat langsung ngagebot dan nandur padi. setelah para delegasi puas berkeliling dan terlibat langsung ngagebot dan nandur padi. Kurang lebih pada jam 14.30 wib delegasi melanjutkan perjalanan ke Banten Lama.

Banten Lama merupakan situs bekas kesultanan banten, disamping melihat situs-situs peninggalan kesultanan banten, delegasi juga melihat peninggalan sistim irigasi yang pernah diterapkan pada masa kesultanan Banten.

ARTIKEL TERKAIT
SPI Kembangkan Sayap Organisasi di Lebak
Aksi Tolak APEC dan WTO di Kementerian Keuangan Aksi Tolak APEC dan WTO di Kementerian Keuangan
Petani Gugat Janji Tanah dan Tangkap Kartel Pangan Petani Gugat Janji Tanah dan Tangkap Kartel Pangan
Zero Budget Natural Farming (ZBNF), Alternatif dari India, M...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU