DPC SPI Ogan Ilir Laksanakan Musyawarah Cabang

OGAN ILIR. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Musyarawah Cabang (Muscab) pertama di Desa Rengas, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (02/08). Peserta Muscab berasal dari empat kecamatan yakni, Kecamatan Payaraman, Lubuk Keliat, dan Kecamatan Tanjung Batu.

Rohman Alqolami, Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumsel menyampaikan bahwa para pengurus sebelumnya telah mempersiapkan musyawarah ini dengan melakukan pendidikan-pendidikan dan rapat-rapat di basis.

”Muscab ini membahas tentang perkembangan organisai dan menghasilkan keputusan-keputusan penting yang akan menjadi panduan bagi organisasi”, tutur Rohman.

Rohman menambahkan bahwa agenda muscab membahas dan menetapkan program kerja, memilih ketua cabang dan memilih anggota majelis cabang.

Wahyu Agung Perdana dari Departemen Penguatan Organisasi Badan Pelaksana Pusat (BPP) SPI menyampaikan bahwa sangat penting bagi para petani untuk membangun organisasi yang terstruktur seperti SPI, karena SPI adalah wadah dan alat perjuangan bagi para petani (kecil).

“SPI ini adalah wadah bagi kita, kaum tani yang memiliki tujuan sama. Jadi kita sendirilah yang harus memajukan SPI ini demi kemaslahatan para petani Indonesia” tegasnya.

Wahyu juga menambahkanbahwa saat ini cukup banyak permasalahan yang dihadapi oleh petani mulai dari kepemilikan lahan yang rata-rata hanya 0,3 Hektare per KK, kriminalisasi petani, sistem perdagangan hasil tani yang tidak adil bagi petani, hingga ketergantungan petani kecil kepada para tengkulak.

“Semoga dengan diadakannya muscab ini akan semakin memasifkan perjuangan kita, menyelesaikan kasus-kasus yang dialami anggota, dan secara umum mampu memberi secercah harapan untuk kemaslahatan petani di daerah  ini. Kami juga berharap agar ketua yang terpilih segera melengkapi kelengkapan organisasi,” tambahnya.

Muscab akhirnya menetapkan Ahmad Fitriyadi sebagai Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Kabupaten Ogan Ilir. Ahmad Fitriyadi menyampaikan, semoga dengan terbentuknya kepengurusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Kabupaten Ogan Ilir mampu mengakomodir dan membela kepentingan petani anggotanya, memperkuat persatuan petani kecil.

Dalam Muscab kali ini juga dilakukan pendidikan paralegal untuk petani.

ARTIKEL TERKAIT
KNPA Kecam Keras Kekerasan Aparat & Kriminalisasi Perjuangan...
Mengenal Kampung Reforma Agraria SPI di Desa Sei Litur, Lang...
Aksi Petani SPI Sukabumi, Tuntut Penyelesaian Konflik Lahan
Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Petani Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Petani
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU