Galeri Foto: Konsolidasi Pemuda Tani SPI

CIJUJUNG. Bertempat di Pusdiklat Agroekologis Nasional Serikat Petani Indonesia (SPI), Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI mengadakan Konsolidasi Pemuda Tani yang bertemakan “Peran Pemuda Tani untuk Kemajuan Organisasi Tani dan Perjuangan  Mencapai Kesejahteraan dan Keadilan Sosial ”. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini (15-17 Mei 2013) dihadiri oleh dua puluhan pemuda tani SPI yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Acara ini sendiri dibuka oleh Ketua Umum SPI Henry Saragih. Dalam sambutannya Henry menyampaikan, pemuda-pemudi tani adalah ujung tombak pertanian Indonesia.

“Pengangguran yang didominasi angkatan muda, konversi lahan pertanian untuk pembangunan, dan pola produksi pangan yang tergantung bahan kimia merupakan persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan cara instan. Belum lagi persoalan sosial yang dihadapi kaum muda perdesaan seperti konflik agraria, miras, pendidikan, dan lainnya. Keterlibatan pemuda tani dalam menyelesaikan persoalan tersebut menjadi kunci mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Masa depan pertanian  terletak pada pemuda taninya dan kelompok pemuda yang peduli persoalan pertanian,” papar Henry.

Ketua Departemen Pendidikan, Pemuda, dan Kebudayaan DPP SPI Syahroni menyampaikan dalam Perspektif  perjuangan SPI, konsolidasi pemuda tani di SPI ialah untuk menciptakan kader dan regenerasi dunia pertanian dan keorganisasian.

“Pemuda memiliki peranan penting demi keberlanjutan organisasi petani, disamping itu peran pemuda dalam organisasi sangatlah penting dan kami menyadari dinamis dan potensi pemimpin muda, pemuda tani merupakan agen perubahan karena mereka juga mampu menggerakkan orang tua mereka. Di dalam SPI pemuda selalu berada di garis depan perjuangan. Di tangan mereka akan dimulai “gerilya” membangun kemajuan organisasi tani demi  kesejahteraan dan keadilan sosial,” tutur Roni

Sementara itu menurut Achmad Ya’kub selaku Ketua Panitia, acara ini juga sebagai persiapan pemuda tani SPI dalam menuju Konferensi Internasional Pemuda Tani La Via Campesina (Gerakan Petani Internasional) ke-3 di Jakarta, pada Juni ini.

“Nantinya hasil konsolidasi ini akan menjadi salah satu rekomendasi kita pemuda tani SPI dalam konferensi nanti,” tambah Ya’kub yang juga Koordinator Pemuda Tani La Via Campesina regional Asia Tenggara dan Asia Timur ini.

 

Ada 1 komentar

  1. teuku solin berkata:

    bagai mana saya bisa jd anggota SPI