HUT SPI: Rapat umum petani Lampung dan aksi longmarch

Aksi longmarch DPW SPI Lampung untuk memperingati HUT SPI di Pringsewu (25/8)

Aksi longmarch DPW SPI Lampung untuk memperingati HUT SPI di Pringsewu (25/8)

PESAWARAN. DPW SPI Lampung menggelar rapat umum petani di Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran (25/8). Rapat tersebut dihadiri sekitar 200-300 orang, yang berasal dari Desa Wiyono dan Desa Kebagusan. Selain itu hadir juga utusan petani dari Kecamatan Sukoharjo, Limau dan Pugung. Acara ini digelar untuk memperingati hari ulang tahun SPI yang ke-10.

Selain dimeriahkan anggota SPI, rapat umum dihadiri juga oleh unsur pemerintahan, seperti perwakilan dari Bupati, kepala dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, Kades desa Wiyono dan ketua BPD Wiyono. Dalam sambutan tertulis, Bupati Pesawaran menyatakan sangat mendukung dengan apa yang diperjuangan oleh SPI dan sudah saatnya untuk tidak saling menghujat akan tetapi saling  bekerja sama untuk mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan mencapa kemakmuran.

Kegiatan rapat umum ini dimeriahkan oleh seni budaya kuda lumping dan aksi menanam pohon buah-buahan di lahan kritis.

Longmarch
Rapat umum petani Lampung di Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran (25/8)

Rapat umum petani Lampung di Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran (25/8)

Pada hari yang sama, DPW SPI Lampung menggelar aksi longmarch menyusuri jalan protocol di Kabupaten Pringsewu (25/8). Longmarch diikuti oleh 100 petani anggota SPI yang berasal dari Tenggamus, Lampung Tengah, dan mahasiswa di Pringsewu. Selain itu turut juga AGRA, DAMAR perempuan, GRI, dll.

Long-march mengambil titik start dari depan gedung Pendopo Pringsewu, menuju jalan–jalan protokol di kota. Massa aksi melakukan orasi-orasi politik dibeberapa tempat seperti di Tugu Perjuangan Rakyat dan Pertigaan Pasar Pringsewu.  Aksi berakhir di depan SMK Pringsewu. Setelah membacakan statement bersama, massa membubarkan diri dan selanjutnya menuju ke tempat dilaksanakannya Rapat akbar di desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

ARTIKEL TERKAIT
Solidaritas SPI atas Kekerasan terhadap Petani Indramayu Solidaritas SPI atas Kekerasan terhadap Petani Indramayu
Aksi Mahasiswa dan Pemuda Tani SPI Tolak WTO
Hari Tani: stop komersialisasi dan hak paten atas benih
Aksi SPI Tuntut ASEAN Lebih Berdaulat
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU