Kegiatan posko solidaritas SPI untuk bencana gempa Sumatera Barat

Membangun Posko Kabupaten dan Lokasi Bencana diantaranya adalah :

  1. Kotamadya Padang, di Kecamatan Koto Tanggah, Nagari Batipuah.
  2. Kabupaten Padang Pariaman, yang berada di beberapa kecamatan, diantaranya adalah di Kecamatan Patamuan dengan posko lokasi di Koto Mambang, Nagari Sei. Durian Kecamatan Patamuan, di Kecamatan Padang Sago dengan posko lokasi di Nagari Batu Kalang, Kotp Padang Alai dengan posko lokasi di Nagari Padang Alai
  3. Kabupaten Agam (Kecamatan Tanjung Mutiara dengan posko lokasi di Nagari Tiku Utara, Jorong Durian Kapeh, di Kecamatan Lubuk Basung di Jorong Kubu Anau 1 hingga 3, Palembayan di Nagari Salareh Aia dengan 4 jorong (4 posko lokasi), dan III Koto Silungkang, Kecamatan Bawan IV Nagari di Nagari Sitalang dan Sitanag.
  4. Kabupaten Pasaman (Kecamatan III Nagari dengan posko untuk Nagari Malampah, Binjai dan Hilalang Panjang)
  5. Kabupaten Pasaman Barat (di Kecamatan Kinali, Nagari Kinali pada Jorong Durian Kilangan, Sidodadi dan Koto Gadang Jaya, Kecamatan Luak Nan Duo di Nagari Kapar, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie di Nagari Sasak.

Merekrut 104 orang relawan baik yang berasal dari mahasiswa, pemuda dan pemuda tani yang menjadi korban gempa.

Tanggap Darurat (emergency)

Selama masa emergency, task force telah mendistribusikan bantuan ke sejumlah posko  yang dibentuk. Bantuan tersebut didistribusikan ke wilayah Kotamadya Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman . Bantuan yang didistribusikan antara lain adalah :

  1. Tenda  500 lembar
  2. Beras organik 10.425 kg
  3. Alat kebersihan (mandi dan cuci) 150 paket
  4. Minyak goreng 250 kg
  5. Selimut tebal dan kelambu 200 lembar
  6. Kain sarung 150 lembar
  7. Tikar 200 lembar
  8. Telur ayam 20.500 butir
  9. Mie instans 250 dus
  10. Pakaian 15 karung
  11. Air kemasan 250 ml 250 dus
  12. Air kemasan 1.000 ml 400 dus

Bertepatan dengn jatuhnya Hari Raya Aidul Adha 1430H pada hari Jum’at tanggal 20 November 2009, task force juga melakukan pelaksanaan penyemblihan hewan qurban dan telah dibagikan kepada korban gempa bumi melalui posko-posko yang telah dibentuk.

Kegiatan Rehabilitasi dan Rekontruksi.

Membangun rumah sederhana dengan melibatkan masyarakat dan ninik-mamak  Pembangunan rumah sederhana ini dengan bahan utama berasal dari puing-puing reruntuhan.sebanyak 76 rumah sederhana berhasil dibangun di beberapa lokasi

Melakukan pendidikan dan pelatihan Peternakan Organik dalam rangka menuju Pertanian Organik pada 3 Posko Lokasi di Kabupaten Padang Pariaman.

Pendistribusian 30 ekor Kambing Otawa terdiri dari 24 ekor betina dan 6 ekor jantan sebagai modal awal Peternakan Organik.