SPI membangun demplot pertanian berkelanjutan di Jambi

jono 2JAMBI. Serikat Petani Indonesia (SPI) kembali membangun Demplot pertanian berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan pertanian organik di Dewan Pimpinan Wilayah SPI Jambi, dengan luas lahan 3000 meter. Tepatnya di desa kasang Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu, Kab. Muaro Jambi Propinsi Jambi.

Pola penanaman dalam pada demplot ini dilakukan dengan cara rotasi tanaman, jenis tanaman yang ditanam berupa umbi-umbian dan sayuran, sebagai penanggung jawab demplot adalah Jono, yang merupakan peserta sekolah magang pertanian berkelanjutan angkatan pertama SPI di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bogor.

Jono berharap, dengan dibangunnya demplot pertanian ini dapat memberikan kesejahteraan bagi petani anggota, karena dengan pola penanaman yang menggunakan produk organik akan mengurangi biaya produksi pertanian, selain itu dapat memelihara kesehatan karena hasil produksinya tidak menggunakan asupan bahan kimia.

Lebih lanjut, Syahroni Ketua Departemen Pendidikan SPI berharap demplot pertanian berkelanjutan ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi berlangsungnya roda perekonomian anggota SPI dan dapat berkembang menjadi Pusdiklat seperti yang ada Bogor.

Selain itu, ia menambahkan “Dengan didirikannya demplot pertanian berkelanjutan dapat terlebih dahulu mencukupi pangan keluarganya, karena tersedianya pangan berarti terjaminnya kelangsungan hidup manusia dan untuk menjamin ketersediaan pangan ini pertanian perlu mendapat perlindungan dan diintensifkan agar produksinya meningkat, perlindungan tersebut salah satu caranya dengan tidak tergantung pada asupan kimiawi pada proses produksi pertanian”.

ARTIKEL TERKAIT
Berita Foto: SPI-La Via Campesina dalam Aksi Pembukaan WSF2011-Dakar Berita Foto: SPI-La Via Campesina dalam Aksi Pembukaan WSF20...
SPI Siap Dukung Program Swasembada Pangan Pemerintah Demi Te...
Galeri Foto: Penutupan Konferensi ke-6 La Via Campesina dan Konser Malam Kedaulatan Pangan Galeri Foto: Penutupan Konferensi ke-6 La Via Campesina dan ...
Menteri Perdagangan bertemu organisasi rakyat terkait WTO Menteri Perdagangan bertemu organisasi rakyat terkait WTO
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU