Memperingati May Day ribuan buruh turun ke jalan-jalan

Ribuan buruh turun ke jalan-jalan untuk memperingati hari buruh atau Mayday (1/5). Di Jakarta, aksi buruh dipusatkan di Istana Negara dan Gelora Bung Karno. dalam tuntutannya kaum buruh meminta SBY-Kalla menurunkan harga sembako, naikkan upah, hapus outsourcing dan sistem kerja kontrak, bangun industri nasional, dan laksanakan reforma agraria sejati. Aksi massa ini diikuti berbagai organisasi buruh seperti ABM, KASBI, SBI, SBMI, SPN, GSBI, dan lain-lain.

img_08551.jpgAksi buruh didukung juga oleh elemen gerakan sosial lainnya seperti organisasi petani, nelayan, pemuda mahasiswa, perempuan, korban pelanggaran HAM, aktifis LSM dan elemen-elemen lainnya.

Pawai mayday dimulai dari berbagai titik di ibu kota yang bermuara ke Istana Negara. Massa telah berkumpul sejak pukul 09.00 WIB dan baru beranjak menuju Istana Negara sekitar pukul 11.30 WIB. Ribuan massa buruh dan elemen masyarakat lain yang mengikuti pawai Mayday 2008 bergerak menuju Istana Presiden. Suasana mendung menyebabkan cuaca siang itu tidak terlalu panas dan relatif bersahabat bagi massa aksi.

Di sepanjang jalan, yel-yel yang menyerukan persatuan buruh dan tani serta tuntutan-tuntutan aksi, disuarakan oleh massa aksi. Tidak ada hambatan yang berarti. Aparat keamanan dari Polda Metro Jaya bertindak kooperatif dengan memberikan jalan bagi massa untuk bergerak menuju Istana.

Massa aksi tiba di depan Istana negara sekitar pukul 13.00 WIB. Sesaat setelah mempersiapkan teknis lapangan, aksi di depan istana negara dibuka secara bersama.