Pemuda Tani Sumatera Utara Siap Tegakkan Kedaulatan Pangan

ngabuburit_kedaulatan_pangan_syfm_medan

MEDAN. Sumatra Youth Food Movement (SYFM) bersama pemuda tani Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumatera Utara (Sumut), Yayasan Sintesa, Kemangteer Medan, Medan Street Hunting, dan Fokus Medan melaksanakan ngabuburit bertemakan “Suara-Suara Kedaulatan Pangan di Bulan Ramadhan” di depan Stadiun Mini Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, kemarin (27/06).

Inisiator SYFM Randa Sinaga menyampaikan, acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran kaum muda akan pentingnya usaha menegakkan kedaulatan pangan.

“Acara ini sengaja kami laksanakan di kampus USU untuk menarik perhatian mahasiswa dan mahasiswi tentang pentingnya kedaulatan pangan, karena mahasiswa dan kaum muda lainnya adalah generasi penerus yang akan memimpin bangsa ini,” kata Randa kepada puluhan pemuda dan mahasiswa yang mengikuti acara ini

ngabuburit_kedaulatan_pangan_syfm_2

Hal senada disampaikan oleh Direktur Yayasan Sintesa Afrizal A. Kurniawan. Ia menyampaikan, semangat menegakkan kedaulatan pangan harus disebarluaskan kepada para pemuda.

“Kebiasaan menegakkan kedaulatan pangan ini bisa teman-teman mahasiswa dan pemuda lainnya lakukan dengan tidak lagi mengkonsumsi pangan impor, dan membeli pangan langsung dari petani lokal,” tutur Afrizal.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Sumut Zubaidah menambahkan, SPI mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini.

“Di saat semakin banyak pemuda tani desa yang mulai meninggalkan bertani, kegiatan yang dilakukan adik-adik SYFM ini sangat positif karena mendukung penuh petani kecil sebagai penegak kedaulatan pangan yang mampu memberi makan masyarakat dunia. Semoga di bulan Ramadhan yang berkah semakin banyak pemuda yang peduli pada petani kecil dan bersama-sama menegakkan kedaulatan pangan,” tambah Zubaidah.

ngabuburit_kedaulatan_pangan

Acara ngabuburit ini sendiri diisi dengan penampilan live band, musikalisasi puisi, orasi, dan ditutup dengan buka puasa bersama dengan takjil yang merupakan hasil tani petani SPI Desa Pamah, Kabupaten Serdang Bedagai.

 

 

ARTIKEL TERKAIT
Misi Solidaritas SPI Dukung Perjuangan Petani Filipina
Isu Petani Relevan untuk Konferensi Asia Afrika
Limbang Jaya berdarah:  Buntut Konflik Agraria, Aparat Serang Petani Limbang Jaya berdarah: Buntut Konflik Agraria, Aparat Seran...
Hak Asasi Petani (Kembali) Diperjuangkan di Sesi ke-7 Dewan ...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU