Pusdiklat SPI Jambi Jadi Pusat Peringatan HKSN 2014 se-Indonesia

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2014 di SPI Jambi

JAMBI. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) milik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Jambi terpilih menjadi pusat peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) se-Indonesia pada 20 Desember 2014 lalu.

Menurut penuturan Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Jambi Sarwadi Sukiman, pencapaian ini adalah berkat usaha dan kegigihan semua petani SPI Jambi dalam mengembangkan pertanian berbasiskan agroekologi yang ramah lingkungan.

“Di Pusdiklat seluas 0,3 Ha ini kami menanam beragam tanaman mulai tanaman pangan seperti padi dan ubi, hingga tanaman hortikultura seperti cabe, kacang panjang, dan buah-buahan seperti alpukat dan lainnya. Selain itu pusdiklat ini juga memiliki enam buah kolam ikan. Dengan ini semua alhamdulillah masyarakat di sini sudah mulai berdaulat pangannya,” tutur Sarwadi.

pusdiklat_spi_jambi

Sarwadi juga mengungkapkan, pusdiklat yang beralamat di Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Jambi Selatan, Jambi ini terpilih karena termasuk dalam usaha ekonomi produktif yang melibatkan dan memberdayakan masyarakat banyak, membangun pertanian, peternakan dan perikanan.

“Alhamdulillah pusdiklat kami ini dicanangkan menjadi kawasan percontohan lingkungan sosial terpadu menuju kawasan terpadu mandiri oleh Kementerian Sosial,” tutur Sarwadi.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang ikut hadir dalam acara ini menuturkan pusdiklat SPI Jambi ini berhasil mengintegrasikan beragam suku dan golongan dan memberdayakannya menjadi produktif dan memberi nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

kolam_di_pusdiklat_spi_jambi

“Saya merasa sangat nyaman dengan suasana di pusdiklat ini, semoga pusdiklat ini bisa menjadi contoh bagi petani-petani Indonesia lainnya, terimakasih buat Pak Sarwadi dan rekan-rekan petani lainnya,” tutur Khofifah saat menerima buah tangan berupa kopi luwak hasil produksi petani SPI Kabupaten Merangin, Jambi.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo yang turut hadir ke pusdiklat SPI. Ia mengapresiasi kerja keras petani SPI dalam mengintegrasikan sektor pertanian dan perikanan.

Acara puncak peringatan HKSN 2014 ini sendiri dihadiri oleh ribuan orang, mulai dari petani, walikota Jambi, Gubernur Jambi, hingga utusan gubernur se-Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT
Reforma agraria jangan hanya jadi janji politik belaka Reforma agraria jangan hanya jadi janji politik belaka
Aksi serentak organisasi rakyat dan LSM di 94 negara Aksi serentak organisasi rakyat dan LSM di 94 negara
Geliat Agroekologi di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
Sukacita SPI Banten, Jawa Barat, Yogyakarta Rayakan Hari Tan...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU