Rangkaian Kegiatan Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Serikat Petani Indonesia (SPI) 8 Juli 1998 – 8 Juli 2010

JAKARTA. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Serikat Petani Indonesia (SPI) ke-12 yang jatuh pada tanggal 8 Juli 2010, Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI menggelar beberapa kegiatan dengan tema “Memperkuat Pertanian Rakyat Ekologis untuk Pembebasan dari Belenggu Korporatisasi Pertanian dan Pangan” yang akan dilangsungkan secara maraton mulai tanggal 4-29 Juli 2010.

Adapun kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: Korean Peasants League (KPL) Study and Exchange Trip ke SPI, Peluncuran buku Tolak UUPM (Undang-Undang Penanaman Modal), Peletakan Batu Pertama Pembagunan PUSDIKLAT SPI, Seminar “Strategi dan Peran Petani dan Santri Menghadapi Korporatisasi Pangan dan Pertanian”, Seminar Hasil Penelitian Beras, Peresmian Penataan Lahan Produksi Pertanian Ekologis Rakyat, Deklarasi DPC SPI Banyumas- Jawa Tengah, Deklarasi DPC SPI Lombok Utara serta Rapat Umum Petani.

Henry Saragih, Ketua Umum DPP SPI, menyebutkan bahwa rangkaian kegiatan ulang tahun SPI juga diselenggarakan dibeberapa wilayah anggota SPI.

Korean Peasants League (KPL) Study and Exchange Trip ke SPI akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2010 yang diawali dari Sekretariat DPP SPI / Sekretariat International La Via Campesina, Jl.Mampang Prapatan XIV No.5. Dalam kegiatan ini, para aktivis petani dari Korea akan bertukar informasi dengan DPP SPI dan beberapa elemen SPI di Bogor dan Wonosobo sampai dengan tanggal 7 Juli 2010 melalui sejumlah kegiatan.

Diantaranya, diskusi interaktif tentang Arah-Arah Perjuangan SPI, Pergerakan Nasional, Kedaulatan Pangan, Presentasi Pusdiklat SPI, Kunjungan ke Pusat Perbenihan Rakyat SPI dan ke Indonesian Center for Biodiversity and Biotechnology (mitra SPI) di Bogor. Selain itu, para delegasi Petani dari Korea juga akan melakukan perjalanan ke basis SPI di Ciaruteun, mengunjungi Kebun Raya dan mengadakan pertemuan dengan SPI Wonosobo serta mengunjungi tanah Reklaiming di kawasan kehutanan (Ngadisono/Dieng).

Adapun Peluncuran buku Tolak UUPM (Undang-Undang Penanaman Modal) akan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 5 Juli 2010 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan PUSDIKLAT SPI di Desa Cijunjung, Bogor, pada 8 Juli 2010.

Kemudian Seminar “Strategi dan Peran Petani dan Santri Menghadapi Korporatisasi Pangan dan Pertanian” dihelat di Pondok Pesantran LIRBOYO, Kediri, pada 11 Juli 2010. Dengan para pembicara diantaranya Henry Saragih (Ketua Umum SPI), Eva Sundari (Anggota DPR RI Fraksi PDIP), Prof. Dr. Ir. Moch. Maksum, M.Sc. (Dosen UGM) serta Prof. DR. Mustain (Universitas Airlangga).

Lalu pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Beras dan Peresmian Penataan Lahan Produksi Pertanian Ekologis Rakyat akan digelar masing-masing pada 12 dan 15 Juli 2010 di Cirebon dan Sukabumi, Jawa Barat. Deklarasi DPC SPI Banyumas-Jawa Tengah, Deklarasi DPC SPI Lombok Utara dilaksanakan di masing-masing wilayah tersebut pada 24 dan 26 Juli 2010, sedangkan Rapat Umum Petani akan diselenggarakan pada  29 Juli di Lombok, NTB.

Kontak Person:

Tita Riana Zen, (Ketua Departemen Komunikasi Nasional SPI) 08111171998, 081510176787, tita@spi.or.id

ARTIKEL TERKAIT
Kebijakan Pertanian Indonesia Kontradiktif
SPI Resmi Berdiri di Boyolali, Jawa Tengah
SPI Jambi Bangun 7 Sekolah di Desa Terpencil
Nilai Tukar Petani (NTP) Mei 2016 Naik Tipis, Pendapatan Pet...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU