SPI basis Damak Maliho demo DPRD Sumut

Ratusan massa SPI Basis Damak Maliho Kabupaten Deli, Serdang Sumatera Utara bersama dengan Gerakan Solidaritas Peduli Petani Sumatera Utara, melakukan aksi massa ke gedung DPRD Sumut dan Kanwil BPN Sumut (4/3). Aksi tersebut dilakukan untuk mendesak dikembalikannya tanah milik petani Damak Maliho yang dirampas PTPN IV kebun Adolina Bah Jambi semenjak tahun 70-an.

dscn3613.jpgdscn3651.jpgSelain itu, perjuangan untuk merebut kembali lahan milik petani telah dihadapkan oleh penggusuran dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh karyawan PTPN, aparat dan preman untuk mengusir petani dari atas lahan. Dalam tuntutannya, DPB SPI Damak Maliho mendesak agar jajaran pemerintah propinsi Sumut menolak perpanjangan HGU PTPN IV yang akan berakhir pada Desember 2008 ini. Komisi A DPRD Sumut yang menerima delegasi tersebut telah menyepakati akan mengagendakan pertemuan antara petani Damak Maliho dengan pihak PTPN IV, Kapolda Sumut, BPN Sumut dan BPN Deli Serdang pada akhir April nanti.

Selanjutnya massa aksi menuju Kantor Wilayah BPN Sumatera Utara untuk mendesak BPN segera membebaskan lahan tersebut untuk dikembalikan pada petani. Massa diterima langsung oleh Kakanwil BPN Sumut, Harosman Sitanggang yang baru bertugas kurang dari sebulan di BPN Sumut, yang sebelumnya menjabat sebagai Kakanwil BPN Lampung. Kepala BPN berjanji akan mengadakan pertemuan dua pihak pada selasa depan, antara Kanwil BPN dengan petani Damak Maliho untuk mendiskusikan lebih lanjut kasus mereka, sebelum diadakannya pertemuan dengan mengundang PTPN IV.

Petani Damak Maliho yang mengikuti aksi tersebut berharap besar agar kasus yang mereka hadapi mendapat perhatian yang serius dari jajaran pemerintah. Karena sebahagian besar petani tersebut menggantungkan harapan hidupnya pada tanah tersebut.

ARTIKEL TERKAIT
Masa depan pembaruan agraria di Indonesia Masa depan pembaruan agraria di Indonesia
Pembaruan Agraria Membangun Peradaban Baru Masyarakat Dunia
Uni Eropa harus hentikan solusi palsu perubahan iklim Uni Eropa harus hentikan solusi palsu perubahan iklim
KTT APEC: Diplomasi Curang Menuju KTM 9 WTO
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU