SPI Bengkulu Gelar Syukuran Pasca Panen Kopi

syukuran_kopi_bengkulu_SPI

REJANG LEBONG. Ratusan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Bengkulu mengadakan syukuran pasca panen kopi di Desa Tugurejo, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Sabtu (16/11). Selain berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan petani SPI dari beberapa kecamatan di Kabupaten Kepahiang.

Menurut Ketua Badan Pelaksana Wilayaj (BPW) SPI Bengkulu Hendarman, acara seperti ini dilaksanakan untuk mensyukuri karunia (berupa hasil panen yang bagus) dari Sang Maha Pencipta.

“Ini kami sebut juga sedekah bumi untuk mensyukuri hasil panen tahun ini. Rata-rata panen 1,5 ton, total skitar 2.500 ton. Kualitas kopi yang dipanen juga semakin membaik, rata-rata petik merah musim ini,” kata Hendarman.

Hendarman juga menyampaikan, acara ini juga dijadikan ajang sosialisasi, konsolidasi, dan diskusi mengenai masalah yang dihadapi petani SPI.

“Alhamdulillah hari ini datang perwakilan Gubernur Bengkulu yakni Sekretaris Daerahnya. Kami juga diskusikan dengan beliau mengenai penyelesaian konflik lahan yang menimpa petani kita,” tuturnya.

Sementara itu menurut Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Sumardi, pemerintah akan mendorong kopi menjadi komoditi andalan karena telah ikut mengharumkan nama Bengkulu

“Kami akan upayakan agar kopi Kaba yang diproduksi oleh petani SPI ini semakin berkembang dengan menjamin pasar, fasilitas, alat mesin pasca panen dan juga tentunya modal kepada koperasi. Ini semua agar para petani lebih maksimal lagi dalam kuantitas dan kualitas kopi yg dihasilkan,” imbuhnya.

ARTIKEL TERKAIT
Aksi SPI Kabupaten Sumedang Menyikapi Pilpres
Henry Saragih berbicara di depan parlemen Eropa mengenai per...
SPI Sumut: Ada 9 Prinsip yang Harus Tercantum dalam Revisi U...
Aksi SPI dan Karam Tanah Menolak RUU Pengadaan Tanah
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU