SPI Lebak Dirikan Posko Di Lahan Reklaiming

LEBAK. Ratusan petani Serikat Petani Indonesia (SPI) mendirikan posko di atas lahan reklaiming di Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten (29/05). Abay Haetami, petani SPI Lebak mengungkapkan bahwa posko yang didirikan di atas lahan perjuangan ini akan digunakan sebagai tempat konsolidasi dan pendidikan kader SPI Lebak.

“Dengan gotong royong, kami mendirikan posko ini di atas lahan seluas 150 Ha. Posko ini berupa bangunan berukuran 4 x 6 meter, hasil swadaya anggota SPI Lebak, dan alhamdulillah selesai hanya dalam setengah hari” ungkap Abay.

Selain posko, SPI Lebak juga membangun demplot pertanian organik di atas lahan reklaiming ini. Demplot pertanian organik ini akan digunakan sebagai tempat praktek kader SPI untuk melakukan pertanian secara berkelanjutan.

“Setelah menguasai lahan, kita petani juga harus melakukan kegiatan produksi. Dengan adanya demplot ini diharapkan petani Lebak menerapkan konsep pertanian berkelanjutan, sehingga kedaulatan pangan masyarakat Lebak dapat terwujud,” jelas Abay.

Lahan reklaiming ini sendiri sebelumnya milik PT The Bantam and Preanger Rubber Co.Ltd yang Hak Guna Usaha -nya(HGU) telah habis.

Sebelumnya pada 18 Mei 2011, SPI Lebak juga telah mengadakan aksi damai di depan kantor Gubernur Banten, menuntut PT The Bantam and Preanger Rubber Co.Ltd untuk mengembalikan kepada masyarakat, lahan seluas 1.101,35  Ha yang HGU-nya telah habis.