SPI Merangin Selenggarakan Musyawarah Cabang

MERANGIN. Gelaran lima tahunan, Musyawarah Cabang (Muscab) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Merangin, Jambi, yang ke-3 diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Merangin di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi (25-26 Agustus 2019). Sekretaris panitia Muscab yang dibentuk oleh DPC dan PLT Ketua DPC SPI Merangin Ginando Kartawijaya yang juga sebagai anggota SPI Basis Sei Lalang menyampaikan, agenda Muscab ke III ini sudah dimusyawarahkan sejak bulan Juli kemarin dan kemudian disempurnakan pada awal Agustus 2019 yang pada akhirnya seluruh panitia menyepakati pelaksanaan Muscab III dilaksanakan pada tanggal 25-26 Agustus 2019.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) SPI Jambi Sarwadi Sukiman yang sekaligus mewakili Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI membuka acara ini dengan menyampaikan, Muscab adalah agenda resmi organisasi yang berfungsi sebagai wahana evaluasi capaian kerja dan sekaligus menyusun program kerja lima tahun berikutnya.

“Kita sama-sama tahu kalau SPI Merangin dideklarasikan oleh para petani kopi, buruh petani kopi, buruh ojek kepala kopi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ribuan masyarakat Desa di seputaran Kecamatan lembah Masurai dan sekitarnya pada 2010, yang saat itu terjadi perjuangan para petani yang mengalami permasalahan konflik agraria,” kata Sarwadi.

Sementara itu.,Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Kabupaten Merangin periode I dan II Ahmad Azhari menyampaikan pentingnya regenerasi kepemimpinan agar terjaga kesinambungan perjuangan petani dari waktu ke waktu.

“Pada Muscab ke-3 ini sudah seharusnya ada genenerasi muda yang siap memimpin SPI Merangin ke depan,” tuturnya.

“Program periode I SPI Merangin dititikberatkan pada pembangunan SDM petani tentang pentingnya kesadaran berorganisasi. Periode II dititikberatkan pada perluasan keorganisasian, pembangunan jaringan, perjuangan reforma agraria,” lanjutnya.

Melalui Muscab kali ini, Muhamad Zen yang diberi mandat secara aklamasi sebagai Ketua BPC SPI Merangin periode 2019-2024 berterima kasih kepada semua petani yang tercermin dalam Muscab ke-3 SPI Merangin dan meminta terus bimbingan dari pendahulunya.

“Untuk itu pada periode III tahun kerja 2019-2024, SPI memfokuskan pada pelaksanaan dan perluasan perjuangan reforma agraria, perluasan keorganisasian, pembangunan ekonomi koperasi petani dan peningkatan kualitas SDM petani,” tutupnya.