SPI turut berduka atas bencana gempa Haiti

JAKARTA. Serikat Petani Indonesia (SPI) menyampaikan simpati yang amat dalam terhadap masyarakat Haiti yang yang terkena bencana gempa bumi yang menyebabkan kematian yang ditaksir mencapai puluhan ribu orang. SPI yang tergabung dalam Organisasi Petani Internasional-La Via Campesina menggalang solidaritas kemanusiaan untuk turut meringankan situasi yang menyedihkan ini, khususnya kepada para anggota La Via Campesina yang berdomisili di Haiti. Mengacu pada sejarah, masyarakat Haiti adalah mereka-mereka yang cukup tegar dan kuat, mengingat masyarakat Haiti-lah yang pertama kali di Amerika yang menghapuskan perbudakan dengan sungguh-sungguh.

SPI melalui La Via Campesina tidak melebih-lebihkan dan melaporkan bahwa efek dari setiap bencana alam selalu jauh lebih akut dalam konteks kemiskinan atau kerentanan. Kita  memahami bahwa kekuatan alam memang tidak dapat dikontrol atau diprediksi dan kekuatan alam tersebut bukanlah tanggung jawab masyarakat internasional. Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana mungkin masyarakat internasional yang sama terus menyebabkan ketidakadilan dalam kebijakan dan struktur global. Hal ini mengarah pada  struktur dan kebijakan yang jauh lebih rentan dan lebih efektif dampaknya dibandingkan dengan dampak destruktif dan jumlah korban bencana alam seperti seperti gempa di Haiti ini.

SPI melalui La Via Campesina menyerukan solidaritas internasional untuk masyarakat Haiti. SPI juga turut berduka cita sedalam-dalamnya atas para korban yang tertimpa musibah ini, khususnya bagi  kaum tani dan para anggota organisasi-organisasi perjuangan petani di Haiti.