SPI Jawa Timur Siap Menangkan Jokowi – Amin

TUBAN. Tim Petani Pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin (TPPJA) Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Timur (Jatim) melakukan konsolidasi di Tuban (17/02).

Kusnan, Ketua TPPJA SPI Jatim menyampaikan, konsolidasi ini dihadiri oleh perwakilan petani SPI dari kabupaten-kabupaten se-Jawa Timur.

“Kita menyusun strategi pemenangan Jokowi – Amin, terkhusus kepada para petani dan masyarakat perdesaan di Jawa Timur,” kata Kusnan.

Kusnan melanjutkan, selama pemerintahannya Jokowi telah bekerja untuk menjalankan reforma agraria untuk menjamin hak-hak petani dan masyarakat desa atas kepemilikan dan penguasaan tanah. Jokowi juga telah bekerja untuk mendukung dan mendorong koperasi agar tumbuh menjadi pelaku utama dalam perekonomian nasional.

Berdaulat Benih untuk Berdaulat Pangan

Selanjutnya Kusnan menerangkan, petani SPI Jawa Timur mengapresiasi Jokowi yang telah bekerja untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Ini terbukti dari dukungan pemerintah terhadap pemuda tani SPI Jatim yang selama ini menangkarkan benihnya sendiri. Puncaknya adalah ketika perayaan ulang tahun SPI ke-20 tahun lalu di Kediri, diresmikanlah benih padi SPI-20. Berdaulat benih untuk berdaulat pangan,” papar Kusnan.

“SPI-20 adalah benih yang ditangkarkan langsung oleh petani SPI. SPI-20 sudah terbukti mempunyai keunggulan relatif tahan terhadap penyakit bakteri hawar daun. Panen per hektarnya bisa mencapai 8 ton,” lanjutnya.

Kusnan menambahkan, para perwakilan petani SPI yang hadir dalam konsolidasi tersebut cukup antusias dan bersemangat dalam menyusun rencana pemenangan Jokowi – Amin.

“Kita ada rencana mengundang Pak Jokowi atau Pak Ma’ruf Amin untuk panen bersama, semoga bisa terwujud,” tutup Kusnan.