Galeri Foto Hari Tani Nasional 2016 di Jakarta: Tolak Reforma Agraria Palsu

hari-tani-nasional

JAKARTA. Sepuluh ribuan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) yang berasal dari Banten dan Jawa Barat bergabung dengan massa dari KNPA (Komite Nasional Pembaruan Agraria) memperingati Hari Tani Nasional 2016 dengan melakukan aksi damai, long march dari Mesjid Istiqlal menuju Istana Negara, Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Henry Saragih Ketua Umum SPI menyampaikan, aksi ini untuk mengingatkan pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla untuk melaksanakan janjinya kepada kaum tani se-Indonesia, melakukan reforma agraria, meredistribusi tanah seluas 9 juta hektar kepada petani tak bertanah, buruh tani, dan petani penggarap.

“Sudah hampir dua tahun pemerintahan Jokowi-JK berjalan, tapi reforma agraria belum juga dilaksanakan. Malah ada upaya untuk membelokkan reforma agraria ke arah yang tidak pro rakyat kecil, yang palsu,” kata Henry.

Henry juga menyayangkan sikap istana yang menolak menerima massa aksi.

“Kita datang jauh-jauh, dari Banten, dari Jawa Barat, hendak mengingatkan presiden untuk tunaikan janjinya tapi ia menolak menerima kita. Ini artinya pemerintahan Jokowi-JK di tahun kedua pemerintahannya ini semakin menjauh dari petani kecil, dari rakyatnya,” papar Henry.

Aksi ini sendiri adalah bagian dari aksi sepekan Hari Tani Nasional 2016 yang dilakukan olh petani SPI di seluruh wilayah Indonesia.

 

Foto-foto oleh : Aditya Hartomo, Mujahid W. Saragih, dan Muhammad Ikhwan

ARTIKEL TERKAIT
Petani Damak Maliho hadapi intimidasi Petani Damak Maliho hadapi intimidasi
18 Tahun SPI: Perayaan di Medan, Lampung, dan Batang
SPI bangun demplot pertanian berkelanjutan di Kudus SPI bangun demplot pertanian berkelanjutan di Kudus
Dampak proyek agrofuel terhadap kehidupan petani kecil Dampak proyek agrofuel terhadap kehidupan petani kecil
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU