Seribuan Massa Petani SPI Meriahkan Peringatan HUT SPI Ke-21 di Tebo, Jambi

JAMBI. Seribuan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Jambi menghadiri dan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Serikat Petani Indonesia (SPI) ke-21 yang dipusatkan di Desa Napal Putih Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, kemarin (08/07). Acara ini dirangkai dengan syukuran atas terpilihnya Presiden Joko Widodo untuk kedua kalinya menjadi Presiden RI bersama Wakil Presiden terpilih K.H. Ma’ruf Amin masa bakti 2019-2024, sekaligus peresmian pembangunan balai pertemuan SPI yang dibangun di atas tanah perjuangan.

Ketua panitia acara Solihul Hadi menyampaikan, SPI yang sudah berumur 21 tahun ini didirikan oleh para pejuang petani kecil dan tertindas dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Oleh karenanya kita wajib untuk memperingati dan terus meluaskan organisasi SPI kita ini agar bisa berguna sebanyak-banyaknya bagi petani untuk meperjuangkan kesejahteraan dan keadilan sebagaimana amanat UUD 1945,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Kabupaten Tebo Junawal menyampaikan terima kasih kepada para petani yang telah bergabung dan berjuang bersama,

“Karena tanpa kebersamaan tidak mungkin keberhasilan akan diperoleh,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Jambi Sarwadi Sukiman menyampaikan, telah banyak hasil perjuangan kaum tani, terutama yang tergabung dalam organisasi SPI.

“Ratusan ribu hektar tanah telah diredistribusikan kepada ratusan ribu anggotanya diseluruh Indonesesia, termasuk puluhan ribu hektar dan ribuan keluarga tani di Tebo ini,” tegasnya.

Sarwadi melanjutkan, SPI juga telah berperan aktif dalam mendorong dilahirkanya beberapa undang-undang tingkat nasional, Peraturan Presiden, dan yang terakhir tahun lalu adalah diresmikannya Deklarasi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) tentang Hak Azasi Petani dan Masyarakat yang Bekerja di Pedesaan di New York Amerika Serikat yang bisa dijadikan sebagai alat perjuangan kaum tani.

“Oleh karena itu kita wajib bersyukur atas keberhasilan-keberhasilan kita agar terus ditambahkan nikmat berikunya,” tambahnya.

Sementara itu, sebelum acara peringatan HUT SPI ke-21 dilaksanakan juga dilakukan rapat dan pendidikan bagi pengurus dan anggota SPI, hingga pembentukan Tim Reforma Agraria Cabang Tebo.