Aksi Ribuan Petani SPI hingga Solidaritas Covid-19: Bunga Rampai Peringatan Hari Tani Nasional 2020 oleh SPI

JAKARTA. Di tengah pandemi covid-19, jutaan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) tetap memperingati Hari Tani Nasional ke-60, 24 September 2020.

Dimulai dari Pasir Datar, Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, Serikat Petani Indonesia (SPI) meresmikan ‘Kampung Reforma Agraria’ di Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (17/09). Peresmian ‘Kampung Reforma Agraria’ ini juga dibarengi dengan kegiatan rapat umum, yang dihadiri oleh para petani anggota SPI Wilayah Jawa barat secara langsung di Desa Pasir Datar Indah, maupun yang diikuti secara daring oleh petani anggota SPI di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam kata sambutannya, Ketua Umum SPI, Henry Saragih, menyebutkan deklarasi ‘Kampung Reforma Agraria’ dan pelaksanaan rapat umum secara daring tersebut sekaligus menandai dimulainya rangkaian kegiatan SPI dalam memperingati Hari Tani Nasional (HTN) tahun 2020.

‘Tema SPI dalam peringatan HTN 2020 ini adalah “meneguhkan Reforma Agraria untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”. Tema ini kita wujudkan dalam bentuk berdirinya kampung-kampung reforma agraria yang merupakan hasil perjuangan anggota SPI” ujarnya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Jawa Barat, Tantan Sutandi, dalam kesempatan yang sama menyebutkan ‘Kampung Reforma Agraria’ juga relevan dengan situasi pandemi yang tengah dihadapi secara global.

“Saat pandemi Covid-19 melanda, pertanian yang diurus oleh keluarga petani terbukti jauh memiliki daya tahan dibandingkan dengan yang dikelola oleh perusahaan besar. Ini juga sudah diakui oleh PBB yang mencetuskan tahun 2019 kemarin sebagai ‘Dekade Pertanian Keluarga’, dimana petani yang menjadi actor penggerak utama,’ terangnya.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Sukabumi Rozak Daud menuturkan, kampung reforma agraria merupakan wujud jawaban dalam hal persoalan ketimpangan kepemillikan tanah.

View this post on Instagram

SUKABUMI. Serikat Petani Indonesia (SPI) meresmikan ‘Kampung Reforma Agraria’ di Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (17/09). Peresmian ‘Kampung Reforma Agraria’ ini juga dibarengi dengan kegiatan rapat umum, yang dihadiri oleh para petani anggota SPI Wilayah Jawa barat secara langsung di Desa Pasir Datar Indah, maupun yang diikuti secara daring oleh petani anggota SPI di berbagai wilayah Indonesia. Dalam kata sambutannya, Ketua Umum SPI, Henry Saragih, menyebutkan deklarasi ‘Kampung Reforma Agraria’ dan pelaksanaan rapat umum secara daring tersebut sekaligus menandai dimulainya rangkaian kegiatan SPI dalam memperingati Hari Tani Nasional (HTN) tahun 2020. ‘Tema SPI dalam peringatan HTN 2020 ini adalah “meneguhkan Reforma Agraria untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”. Tema ini kita wujudkan dalam bentuk berdirinya kampung-kampung reforma agraria yang merupakan hasil perjuangan anggota SPI” ujarnya. Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Jawa Barat, Tantan Sutandi, dalam kesempatan yang sama menyebutkan ‘Kampung Reforma Agraria’ juga relevan dengan situasi pandemi yang tengah dihadapi secara global. “Saat pandemi Covid-19 melanda, pertanian yang diurus oleh keluarga petani terbukti jauh memiliki daya tahan dibandingkan dengan yang dikelola oleh perusahaan besar. Ini juga sudah diakui oleh PBB yang mencetuskan tahun 2019 kemarin sebagai ‘Dekade Pertanian Keluarga’, dimana petani yang menjadi actor penggerak utama,’ terangnya. Selanjutnya, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Sukabumi Rozak Daud menuturkan, kampung reforma agraria merupakan wujud jawaban dalam hal persoalan ketimpangan kepemillikan tanah. "Mudah-mudahan ini menjadi contoh yg berawal dari inisiatif petani untuk dijadikan tolak ukur, bahwa ketika tanah didistribusikan pada rakyat, maka secara otomatis ada peningkatan kesejahteraan bagi petani," pungkasnya. Selengkapnya di www.spi.or.id – #HariTani2020 #HariTaniNasional #HariTaniNasional2020 #HTN

A post shared by Serikat Petani Indonesia (@spipetani) on

Dari Medan, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan “Dialog Petani dengan Ketua KOMNASHAM: Penyelesaian Konflik-Konflik Agraria di Indonesia” (19/09). Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNASHAM) Republik Indonesia (RI) Ahmad Taufan Damanik, Ketua DPW SPI Sumut Zubaidah, dan perwakilan petani SPI dari kabupaten-kabupaten di Sumut.

Kiri – Kanan : Ketua KOMNASHAM Ahmad Taufan Damanik – Ketua DPW SPI Sumatera Utara Zubaidah

Dari Banjarnegara, Kalimantan Selatan, petani SPI melakukan aksi di depan Gedung Gubernur (24/09). Selain diikuti oleh ibu bapak petani, aksi ini juga dihadiri oleh GEMA PETANI (Gerakan Mahasiswa Petani Indonesia).

Dari Sleman, Yogyakarta, ibu bapak petani SPI melakukan sarasehan dan rembug tani untuk memperingati Hari Tani Nasional 2020 (24/09). Acara ini tiak hanya diikuti oleh petani, tapi juga mahasiswa, pemuda tani, dan lainnya. Acara ini juga menampilkan produk-produk pertanian bebas kimia yang diproduksi secara mandiri oleh petani SPI.

Selanjutnya, pada 24 September 2020, petani SPI Sukabumi, Jawa Barat melakukan aksi bersama elemen mahasiswa seperti GEMA PETANI – GMNI – IMM ke kantor ATR-BPN Sukabumi. Aksi ini mendesak percepatan penyelesaian konflik agraria, penegakan reforma agraria sejati.

Di tempat yang berbeda, pada 24 September 2020, ribuan petani SPI dari Kabupaten Tebo, Jambi melakukan aksi damai dan simpatik. Tuntutannya adalah #BebaskanJunawal, dan meminta pemerintah menjalankan reforma agraria sejati. Aksi dilakukan di Pengadilan Negeri Tebo hingga kantor Bupati Tebo, Jambi.

Masih dalam hari yang sama, 24 September 2020, SPI Pasaman, Sumatera Barat, melakukan diskusi mengenai koperasi sekaligus peresmian Koperasi Petani Indonesia (KPI) Pasaman. Acara ini dihadiri oleh Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pasaman, Camat Simpang Alahan Mati, penyuluh pertanian Kecamatan Simpang Alahan Mati, hingga wali nagari Simpang.

Pada hari yang sama, 24 September 2020, DPW (Dewan Pengurus Wilayah) SPI Bengkulu memperingati Hari Tani Nasional dengan melakukan diskusi petani – pemuda tani – mahasiswa. Momen ini juga digunakan untuk mendeklarasikan GEMA PETANI wilayah setempat, sekaligus peluncuran Kedai Kopi Korelasi.

Pada 25 September 2020, ibu bapak petani SPI melalukan konsolidasi – diskusi Hari Tani Nasional 2020 di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Diskusi ini sendiri bertajuk penyelesaian konflik agraria dan penerapan pertanian agroekologis.

Reklaiming! Ini yang dilakukan para petani SPI di Bondey, Kisol, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 26 September 2020 untuk memperingati Hari Tani Nasional 2020.

Hari Minggu (27/09) SPI Yogyakarta bersama OPSI, Kanal Muda, FPPD dan STP Margo Rukun melakukan kolaborasi bersama, berdiskusi memperingati Hari Tani Nasional 2020. Diskusi bertemakan “Merawat Benih-Benih Perjuangan” di Kemukus, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulonprogo.

Dari Kendal, JawaTengah, petani SPI galang solidaritas pangan bagi warga sekitar terdampak pandemi covid-19. Acara serah terima bantuan dilaksanakan pada Minggu, 27 Maret 2020.

28 September 2020, di Jambi, ribuan petani SPI melakukan aksi massa, dengan mengunjungi kantor Dinas Kehutanan, dan kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tuntutan massa aksi adalah agar pemerintah daerah Jambi segera melaksanakan reforma agraria sejati.

“Stop kriminalisasi, diskriminasi petani. Selesaikan konflik agraria yang mandek dan belum teratasi, kedaulatan pangan harus ditegakkan,” kata Sarwadi, Ketua SPI Jambi.

.