Diskusi Publik Memperingati 12 Tahun SPI

MEDAN. Ratusan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Wilayah Sumatera Utara (Sumut), akademisi, anggota ormas dan LSM yang ada di kota Medan serta  mahasiswa   mengikuti diskusi publik yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumut dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) SPI ke-12, selasa (03/08) bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas  Sumatera Utara (USU). Diskusi ini mengambil tema mencari solusi atas penyelesaian kasus sengketa tanah di Sumatera Utara.

Wagimin, Ketua BPW SPI Sumut menjelaskan  tema yang diangkat dalam diskusi publik ini bersentuhan langsung dengan sebagian besar petani anggota SPI Sumut.

“Tema  ini sengaja diangkat mengingat terdapat ratusan ribu kasus konflik agraria di Sumatera Utara  yang belum terselesaikan, sehingga perlu dicari satu solusi untuk memecahkan persoalan tersebut” ungkap Wagimin dalam sambutannya pada pembukaan diskusi publik ini.

Diskusi dibagi  menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Wagimin, Ketua BPW SPI Sumut, Hasim Purba, dosen Fakultas Hukum USU, dan R. Sodikun selaku Kabid II Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumatera Utara.

Salah seorang peserta diskusi, Maulina  Ketua Badan Pelaksana Basis (BPB) SPI Simpang Kopas mengakat kasus  PT Jaya Baru Pertama yang  sedang berkonflik  dengan petani anggota Basis Simpang Kopas Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan, Sumut.

“PT Jaya Baru Pertama jelas tidak memiliki HGU tetapi mengapa mereka tetap diperbolehkan menguasai lahan seluas 600 Ha” ungkapnya.

Pada sesi kedua, menghadirkan narasumber Kepala Biro Politik Hukum dan Keamanan BPW SPI Sumut, Syahmana Damanik dan Dosen  Departemen Ilmu Politik FISIP USU, Faisal Andri. Sesi kedua membahas  bagaimana peranan mahasiswa terhadap isu-isu kerakyatan terutama mengenai konflik agraria yang dihadapi oleh petani.

Selain mengadakan diskusi publik, perayaan HUT SPI di Sumut  juga diisi dengan  bazaar dan pameran. Kegiatan bazar dan pameran bertujuan untuk  memperkenalkan kepada publik produk  pertanian dan produk olahan yang dihasilkan oleh petani anggota SPI Sumut.

ARTIKEL TERKAIT
NTP Bulan Puasa 2014: Petani Tanaman Pangan dan Hortikultura...
Aksi SPI Rayakan Hari Tani Nasional 2013 di Jakarta Aksi SPI Rayakan Hari Tani Nasional 2013 di Jakarta
Kemenangan Benih Rakyat atas Dominasi Global
Nilai Tukar Petani (NTP) April 2016 Turun, Pemerintah Didesa...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU