Henry Saragih resmikan masjid di lahan reklaiming

PASAMAN BARAT. Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI), Henry Saragih meresmikan pendirian mesjid di lahan reklaiming SPI Basis Simpang Tenggo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (25/06). Peresmian mesjid yang juga sekaligus pendirian tiang pertama ini dihadiri oleh para pemuka adat setempat, anggota Majelis Nasional Petani (MNP) SPI Sumatera Barat, serta warga dan petani sekitar. Acara pendirian mesjid ini kemudian dilanjutkan dengan sholat jumat perdana.

Seusai sholat jum’at, Badan Pelaksana Basis (BPB) SPI Simpang Tenggo mengadakan diskusi mengenai masa depan kaum tani di Indonesia. Dalam diskusi yang diikuti lebih dari seratus orang ini, Henry menyampaikan bahwa negara berkewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya, karena hal ini sesuai dengan UUD 1945 pasal 33.

Henry menambahkan perjuangan reforma agraria yang dilakukan oleh SPI memiliki landasan hukum yang jelas, yakni Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) tahun 1960.Sebagai kebijakan dasar dalam pembangunan Indonesia maka UUPA 1960 adalah jiwanya yang mempunyai landasan filosofis sesuai dengan Pancasila.

“Perjuangan kita ini juga memiliki dasar landasan hukum yang kuat, oleh karena itu, sebagai petani yang tergabung dalam organisasi massa perjuangan berbasis petani ini, kita harus memperkuat soliditas diantara kita” ungkap Henry.

“SPI telah memiliki struktur yang jelas dari tingkat yang paling kecil yakni basis hingga ke tingkat nasional, kita juga memiliki jaringan internasional yang cukup kuat. Oleh karena itu masing-masing dari kita memiliki tanggung jawab untuk terus berjuang membela saudara-saudara kita, para petani kecil lainnya yang hak-haknya sering terpinggirkan” tambah Henry yang juga Koordinator Umum La Via Campesina (organisasi petani internasional) ini.

ARTIKEL TERKAIT
La Via Campesina pada Sesi ke-37 FAO, Petani Kecil Mampu Mem...
RUU pertanahan agenda liberalisasi pertanahan RUU pertanahan agenda liberalisasi pertanahan
Catatan Perjalanan: Belajar Dari MST, Brazil
SPI mengadakan sekolah lapang pertanian berkelanjutan angkat...
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU