Membangun Ekonomi Pedesaan

Membangun ekonomi pedesaan sulit dipisahkan dari membangun pertanian ketika lebih dari separuh penduduk pedesaan bekerja di sektor pertanian. Dan salah satu langkah penting yang harus dilakukan ialah menegakkan pembangunan pertanian berkelanjutan. Pertanian berkelanjutan yang tidak terbatas pada on-farm pertanian saja, namun hingga pengolahan dan pendistribusian produksi pertanian hendaknya dilakukan secara berkelanjutan dan berada di tangan masyrakat, dan bukan di tangan perusahaan atau pemilik modal.

september2007.jpgPertanian berkelanjutan penting diperkuat untuk menciptakan kedaulatan pangan bangsa. Hal ini juga untuk memutus ketergantungan para petani terhadap perusahaan-perusahaan pertanian, seperti yang dikemukakan dalam laporan forum benih internasional betapa sumber-sumber agraria hendaknya dimiliki dan dikelola oleh petani untuk kesejahteraan bersama.

ARTIKEL TERKAIT
Petani SPI Sukabumi Peringati Hari Pangan Sedunia & Hari Sum...
Cabut Perpres Benih GMO, SBY Jangan Wariskan  Kebijakan yang Sengsarakan Petani Cabut Perpres Benih GMO, SBY Jangan Wariskan Kebijakan yang...
Aksi protes KTM VII WTO, Geneva Aksi protes KTM VII WTO, Geneva
SPI membuka sekolah gratis untuk pemuda tani
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU