SPI Merangin Jumpai Menteri Kehutanan

JAKARTA. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Merangin menjumpai Menteri Kehutanan Republik Indonesia di kantor Kementerian Kehutanan, di Jakarta, kemarin (02/07).

Ahmad Azhari, Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) menjelaskan bahwa kedatangan mereka untuk  mengkonfirmasi perluasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) seluas 14.160 ha dari areal hutan produksi yang akan ditetapkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Jambi tahun 2012.

“Dalam RTRWP tersebut sebahagian dari areal perluasaan itu adalah lahan petani anggota SPI Merangin,” ungkap Azhari.

Menteri Kehutanan, yang pada saat itu diwakilkan oleh Staff khusus Kementerian Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat, San Apri Awang menyampaikan bahwa pihaknya akan mengupayakan dan mengevaluasi areal perluasan TNKS dan meminta staf pemetaan untuk meneliti lahan petani yang dimasukkan dalam TNKS.

“Kami akan melakukan evaluasi di daerah TNKS dan akan segera memproses laporan bapak-bapak sekalian,” ungkapnya.

Sementara itu, Agus Ruli Ardiansyah, Ketua Departemen Politik, Hukum, dan Keamanan SPI yang juga hadir dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa SPI akan tetap mendotong Kementerian Kehutanan RI agar bisa mencari jalan penyelesaian yang adil terhadap konflik petani dengan pihak kehutanan dengan mengakomodir kepentingan petani.

“Petani Anggota SPI pada prinsipnya siap mendukung program pemerintah sepanjang bisa menciptakan kenyamanan dan kemakmuran petani,” tuturnya.