Penataan Lahan Perjuangan oleh SPI Tapung Hilir, Kampar, Riau

spi-tapung-hilir

RIAU. Para petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Riau melakukan penataan lahan perjuangan.

Menurut Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Riau Misngadi, penataan lahan perjuangan ini dilakukan dengan bergotongroyong menanam beragam tanaman di atas lahan seluas 40 hektar.

“Setidaknya setiap seminggu sekali kami di sini melakukan gotong royong,” kata Misngadi di Kampar (07/11).

Misngadi melanjutkan, gotong royong ini dilakukan sesuai kesepakatan rapat bersama seluruh anggota agar keadaan tanaman di lahan tersebut cepat besar sehingga dapat segera berproduksi.

“Di sini, petani menanam berbagai jenis tanaman mulai dari jenis holtikultura, perkebunan, kehutanan (kawasan agroekologis perpaduan berbagai jenis tanaman ramah lingkungan dan tentunya memberikan manfaat ekonomi dari berbagai jenis tanaman yang ditanam serta budidaya lain yaitu ternak dan perikanan,” kata Misngadi lagi.

Penataan lahan perjuangan juga akan diperuntukkan untuk membangun perumahan para petani anggota SPI Tapung Hilir.

Misngadi melanjutkan, penataan ini betul-betul dimaksimalkan sehingga nilai ekonomi yang akan dihasilkan nantinya akan dapat menjadi penopang utama ekonomi keluarga anggota SPI Tapung Hilir.

“Bahkan kami berharap dapat dijadikan model tata kelola ruang agraria di daerah lain khususnya di Provinsi Riau,” lanjutnya.

Selain penataan lahan, SPI Tapung Hilir juga melakukan penataan kelembagaan ekonomi petani melalui koperasi.

“Saat ini kami memiliki koperasi yang mengurus hasil produksi dan memasarkan produk seperti tandan buah segar milik petani anggota SPI, ke depannya akan lebih kami maksimalkan lagi,” tambahnya.

ARTIKEL TERKAIT
Kisah Singkat Beberapa Pejuang Petani Perempuan SPI dari Sum...
HUT SPI: Aksi massa DPW SPI Jambi menuntut plasma HUT SPI: Aksi massa DPW SPI Jambi menuntut plasma
Aksi simpatik Gerakan Rakyat Lawan Neokolonialisme-Imperiali...
Petani Desak Mari Pangestu Petani Desak Mari Pangestu
BERIKAN KOMENTAR ...

INFO TERBARU