SPI Sumut Galang Solidaritas Sinabung

Solidaritas_Sinabung

MEDAN. Menyusul bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumut menggalang solidaritas untuk membantu para pengungsi. Hingga Sabtu (18/01), jumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung  yang tercatat di Posko Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe, telah mencapai 27.671 orang dan lebih dari 8.546 kepala keluarga.

Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumut Zubaidah menyampaikan, SPI Sumut bersama Yayasan Sintesa dan Sumatera Youth Food Movement akan segera menyalurkan solidaritas ke beberapa titik-titik pengungsi di Kabupaten Karo.

“Sebagai tahap awal kami akan mengumpulkan dan kemudian menyalurkan solidaritas yang berupa bahan pangan yang berasal dari kami petani sendiri. Teman-teman petani di Kabupaten Langkat rencananya memberikan solidaritas berupa ubi dan pisang, yang dari Medan dan Phakpak Barat banyak yang ngasih sayuran organik, yang dari Asahan banyak yang ngasih lauk pauk,” ungkap Zubaidah di Medan, tadi pagi (21/01).

Zubaidah juga menyampaikan, mayoritas korban dari erupsi Gunung Sinabung ini adalah kaum tani karena setidaknya lebih dari sepuluh ribu hektare lahan yang rusak akibat debu vulkanik.

“Untuk itu kami juga mengajak masyarakat luas untuk ikut serta dalam aksi solidaritas untuk Sinabung ini. Kami membuka dua posko pengumpulan bantuan di sekretariat DPW SPI Sumut, di Jalan Eka Rasmi III No. 8, dan sekretariat Yayasan Sintesa di Jalan Eka Rasmi VI No. 9 Medan,” kata Zubaidah.

Zubaidah menambahkan, untuk mereka yang ingin memberi solidaritas berupa donasi dana bisa mentransfernya ke ke Bank Mandiri a/n Perkumpulan Serikat Petani Indonesia Sumatera Utara, nomor rekening 105-00-0985492-2.

 

Kontak untuk Solidaritas Sinabung:

Zubaidah –  Ketua BPW SPI Sumatera Utara – 0813 7083 8810

 

Ada 2 komentar

  1. berita berkata:

    bantuan berupa pakaian dan sembako bisa juga?